Francesco Totti memang sudah dipastikan tak lagi bersama klub tercintanya AS Roma. Alhasil, nomor punggung 10 kini jadi tak bertuan. Meski begitu, “I Giallorossi” belum kepikiran untuk memensiunkan nomor tersebut.

Pensiun nomor punggung memang lazim dalam beberapa tim sepak bola di dunia. Seiring pensiunnya seorang legend di klub tersebut maka diikuti dengan dipensiunkannya nomor yang digunakan sang pemain.

Sebut saja Napoli yang memensiunkan nomor 10 sang legenda, Diego Maradona. Begitu juga dengan Milan yang paling rajin memensiunkan nomor. Mulai dari nomor 6 (Franco Baresi), nomor 3 (Paolo Maldini), dan nomor 12 untuk Milanisti.

Nama terakhir tentu saja bukan nama pemain bola. Tak ada yang namanya Giancarlo Milanisti atau Adiputra Milanisti, tidak ada. Paling-paling hanya nama di Facebook saja.

Nomor tersebut dipensiunkan untuk menghargai usaha para Milanisti, sebutan untuk pendukung Milan. Mungkin mereka satu-satunya tim yang memensiunkan nomor untuk fans-nya.

Tidak terbayang jika ada banyak sekali legenda yang lulus dari klub kota mode di Italia itu. Bisa-bisa dari nomor 1-15 dipensiunkan semua. Lama-lama para juniornya menggunakan nomor-nomor antimainstream seperti 46, 83, atau mungkin nomor ratusan.

Rupanya, budaya itu belum mau diikuti oleh Roma meski sudah muncul tekanan dari kanan-kiri untuk memensiunkan nomor legendaris sang legenda abadi, si Totti, yang namanya mirip dengan nama kedai bakso di Jabodetabek, bakso Titoti. Kalau belum pernah dengar, bisa cek Google.

Seperti yang dilaporkan Il Messagero, manajemen Roma bakal membuat pengumuman bahwa nomor 10 warisan Totti tak akan dipensiunkan. Alasannya, nomor tersebut perlu dijadikan tujuan untuk generasi mendatang.

Sekalian mengingatkan kalau pernah ada pemain hebat yang menggunakan nomor cantik itu. Totti sendiri pernah mengisyaratkan dari jauh-jauh hari agar nomornya tak dipensiunkan.

Well, setiap klub punya alasan dan tujuannya. Silakan lakukan yang terbaik, Roma.

Main photo: Twitter (@UEFA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here