AS Roma secara mengejutkan melepas salah satu gelandang andalan mereka dalam beberapa musim terakhir. Gelandang asal Belanda yang wajahnya 11-12 ribu dengan Ben Affleck itu resmi dilepas “Giallorossi” ke klub Ligue 1 yaitu Marseille.

Roma merupakan salah satu tim yang paling aktif pada bursa trasnfer ini. Bahkan terlalu aktif macam anak kecil kalau kebanyakan makan gula. Pada bursa transfer musim panas ini mereka melakukan hampir enam pembelian mayor. Serius sekali macam sinteron Indosiar.

Namun di balik perjumpaan dengan para pemain baru, perpisahan ternyata juga tidak terelakan. Mereka pun melepas sejumlah pemain pilar seperti Radja Nainggolan dan Alisson Becker. Pembinaan pemain muda demi kekuatan Roma di masa mendatang sepertinya menjadi rencana panjang manajemen klub ibukota Italia.

Regenerasi sepertinya memang perlu, namun apabila tidak ada pemain senior di kubu Roma sepertinya hasilnya bisa jadi tak seperti yang diharapkan.

Satu langkah berani diambil Roma dengan melepas Strootman ke Marseille. Sang pemain sendiri sudah selama kuliah S1 ngaret alias lima tahun berseragam “Serigala Ibukota”.

Gelandang berusia 28 tahun tersebut dilepas ke Marseille dengan nilai transfer yang dikabarkan mencapai 25 juta euro ditambah tiga juta euro sebagai dalam bentuk bonus tanpa harus memenangkan medali emas di Asian Games.

“Klub mengonfirmasi bahwa kesepakatan telah terjalin dengan Olympique Marseille untuk transfer Kevin Strootman. Strootman, yang berusia 28 tahun, bergabung dengan klub Prancis tersebut dengan nilai awal 25 juta euro,” tulis situs resmi Roma dikutip dari Detik.

“Kesepakatan ini juga termasuk sejumlah tambahan yang terkait performa, baik dari sisi pemain maupun klub yang membeli, dengan nilai 3 juta euro,” demikian pernyataan Roma.

Dengan dilepasnya Strootman, otomatis kini Roma hanya memiliki Danielle De Rossi yang bisa dibilang adalah pemain senior. Kalau terus mengandalkan para pemain muda, bisa-bisa Roma juga nanti mendapat julukan “Young Roma” macam Arsenal. Semoga saja nasibnya tidak sama.

Kepergian Strootman sepertinya tidak terlepas dari kedatangan beberapa pemain gelandang ke Roma pada musim ini. Salah tiganya adalah Steven Nzonzi, Bryan Cristante, dan Ante Coric. Jelas kedatangan keduanya membuat posisi Strootman memang terancam.

Meski begitu, Strootman mengatakan hal tersebut bukan alasannya dirinya hengkang. “Sudah tepat untuk pergi, waktunya telah tiba. Saya sudah di Roma selama lima tahun. Marseille merupakan klub yang bagus dan sebuah tantangan yang besar. Saya sangat senang bisa berada di sini.” imbuhnya.

Nantinya Strootman akan bereuni dengan mantan pelatih “Giallorossi” yaitu Rudi Garcia yang dulu juga mendatangkannya ke Roma.

Strootman sendiri bergabung dengan Roma pada musim panas tahun 2013 dari klub kampung asalnya yaitu PSV Eindhoven. Ia pun langsung menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah. Namun Strootman kemudian mendapat cedera parah di akhir musim pertama.

Pemain yang jago bahasa Kompeni ini hanya tampil 18 kali pada dua musim berikutnnya. Secara keseluruhan ia telah bermain sebanyak 131 kali dengan torehan 13 gol dan 20 assist sepanjang kariernya di Roma.

Main photo: Twitter @franceinfoplus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here