Liverpool menjalani pertandingan perdana Liga Inggris 2018/2019 dengan sangat meyakinkan macam kata-kata motivator. Menjamu West Ham, Liverpool membuat lawannya pulang dengan tangan hampa. “The Reds” menang dengan skor telak 4-0 atas tamunya tersebut.

Pada pertandingan yang digelar di Anfield, Sadio Mane yang kini mengenakan nomor punggung 10, paling menjadi pusat perhatian. Bukan karena dia tampil tanpa menggunakan celana, namun Mane langsung mencetak dua gol pada laga perdana tersebut. Sementara dua gol lainnya masing-masing dicetak oleh Mohamed Salah dan Daniel Sturridge.

Liverpool memang mendominasi jalanannya laga sepanjang pertandingan. Seperti dilansir dari Detik, pasukan Juergen Klopp unggul penguasaan bola hingga 65 persen dengan menciptakan 18 percobaan. Delapan di antaranya berhasil mengarah ke gawang. Sementara “The Hammers” hanya membuat lima peluang dengan dua tepat sasaran.

Kemenangan membuat Livepool memuncaki klasemen dengan tiga poin dan menggusur Chelsea karena unggul selisih gol. Sementara West Ham kini mendapat gelar kuncen di gameweek pertama sebab menghuni peringkat dasar klasemen.

West Ham memang bertandang ke Anfield dengan rekor yang buruk tiap kali bertemu dengan Liverpool. Pada tiga pertandingan sebelumnya, West Ham selalu kalah dengan empat gol kala bertemu Liverpool.

The Reds” pun menurunkan skuat terbaiknya sejak menit awal. Hanya Dejan Lovren saja yang belum dimainkan sebab masih belum fit benar. Dua pemain baru yaitu Alisson Becker dan Naby Kaeita diberikan waktu oleh Klopp untuk unjuk gigi sejak menit awal.

Sejak menit awal, trio Salah, Mane dan Firmino langsung membuat Lukasz Fabianski sepertinya was-was macam sedang naik wahana halilintar sebab terus menerus diserang. Gempuran para penggawa Liverpool akhirnya berbuah hasil pada menit ke-19.

Umpan tarik mendatar ke depan gawang West Ham dengan cepat langsung disambar oleh Salah. Coba umpannya dilepas ke depan Indomaret, pasti tukang parkir yang menyambarnya.

Beberapa menit berselang, Fabianski membuat penyelamatan gemilang kala menghalau tendangan bebas melengkung Trent Alexander-Arnold ke ujung gawang. West Ham sempat dua kali mendapat peluang melalui Marko Arnautovic. Sayang saja kedua tendangannya hanya melebar macam jok motor Nmax.

Gol kedua Liverpool baru tercipta pada detik-detik akhir babak pertama. Berawal dari umpan jauh James Milner, bola kemudian diteruskannya ke tengah kotak penalti. Mane yang berdiri bebas dengan mudah mencetak gol hasil umpan Milner tersebut. Mau bersin dulu juga sempat sepertinya meski tidak dilakukan. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk Liverpool.

Mane mencetak gol keduanya pada menit ke-53 menerima umpan dari Firmino. Gol ini sempat menjadi perdebatan sebab Mane sudah berada dalam posisi offside. Untung saja perdebatan tidak sampai dibawa ke forum macam Indonesia Lawyer Club dan wasit tetap pada keputusannya.

Daniel Sturridge yang baru satu menit berada di lapangan setelah menggantikan Salah, langsung berhasil  mencetak gol. Mendapat umpan pojok, Sturridge dengan santai tanpa sambil bergoyang poco-poco berhasil menyontek bola di tiang jauh. Pertandingan berakhir dengan skor telak 4-0 untuk kemenangan Liverpool.

Performa skuat Liverpool diakui Klopp melebihi harapannya. Namun ia juga senang sebab performa bagus Liverpool saat pramusim bisa dibawa oleh skuatnya ke Premier League.

“Kami menunjukkan penampilan terbaik yang bisa kami tunjukkan hari ini dan kami melanjutkan penampilan bagus kami di pramusim ke Liga Inggris. Penampilan yang bagus, bukan penampilan bagus yang mengejutkan, tapi itu lebih baik dibanding yang bisa aku harapkan karena saya melihat banyak harapan di atas lapangan pada pramusim,” ucap Klopp dikutip dari Detik.

Main photo:liverpooloffside.sbnation.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here