Teka-teki pelatih baru Arsenal telah terjawab. Bukan netizen yang menjawab karena ini bukan tebak-tebakan skor yang bisa jawab di kolom komentar. Namun dijawab oleh manajemen Arsenal itu sendiri bahwa pelatih baru untuk musim depan jatuh kepada Unai Emery.

Nama Emery memang tiba-tiba muncul macam kepala emak-emak di Magic Jar iklan Ramayana versi terbaru. Entah kenapa tiba-tiba nama Emery ada di bursa pelatih Arsenal.

Padahal, yang paling favorit santer diberitakan sebelumnya adalah Massimilliano Allegri. Kalau di acara Akademi Fantasi Indosiar zaman dulu kala, dia meraih predikat penyanyi terfavorit pilihan pemirsa.

Fans Arsenal bahkan sudah pede jaya Allegri bakal meninggalkan Juventus dan bergabung ke Arsenal. Media-media Inggris juga seperti biasa bikin rumor-rumor pancingan supaya Allegri bisa tergoda karena dilirik oleh “The Gunners“. Sayangnya, mantannya Milan itu ogah pindah karena masih penasaran dengan Juve untuk menjuarai Liga Champions.

Kemudian berangsur-angsur muncul nama Luis Enrique dan Rui Faria, asistennya Jose Mourinho. Sampai mantan pemain Arsenal itu sendiri, Mikel Arteta dan Patrick Vieira. Pokoknya ada 14 nama pelatih yang dimasukkan dalam daftar.

Entah gimana, belakangan muncul nama Emery yang tak berlanjut bersama Paris Saint Germain (PSG). Sejak beberapa hari lalu santer diberitakan pelatih berwajah ganteng minimalis ini bakal membesut Pierre Emerick Aubameyang. Apalagi Arsenal bakal bertanding di Liga Europa musim depan, kompetisi yang cukup berat bagi mereka.

Kebetulan, Emery ini cukup berpengalaman di kompetisi malam Jumat tersebut. Dia sudah tiga kali membawa Sevilla menjuarai turnamen itu berturut-turut. Jadi cocok lah buat Arsenal, berhubung kelasnya cuma di Liga Europa maka harus diserahkan pada ahlinya.

Yang bikin kocak, Emery sempat keceplosan pada pagi hari tadi ketika belum ada tanda-tanda Arsenal bakal mengeluarkan pengumuman resmi. Dalam situs resmi milik Emery sendiri unai-emery.com, dia mengumumkan sudah resmi menjadi pelatih Arsenal. Sampai akhirnya link berita tersebut hilang tak bernoda.

Mungkin Emery langsung diingati pihak Arsenal karena mau surprise dalam beberapa waktu ke depan. Berhubung sudah bocor, ya sudah. Sudah basah mending cebur sekalian, Arsenal mengumumkannya sore barusan.

 

“Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Unai Emery akan menjadi pelatih baru Arsenal. Dia merupakan pelatih juara dan sudah terbukti. Kami percaya dia merupakan sosok yang tepat untuk pekerjaan ini dan akan mempersembahkan gelar bagi kami dan para suporter,” kata Stan Kroenke, pemilik Arsenal, di-copas dari Kompas.com. 

Sebenarnya Emery bukanlah harapan tertinggi dari fans Arsenal. Soalnya nama Emery tak sementereng nama pelatih-pelatih lainnya macam Allegri dan Enrique. Seperti masih meragukan namanya. Apalagi dia awalnya sempat gagal di PSG pada tahun pertamanya usai mempersilakan Monaco mengambil-alih Ligue 1 musim lalu.

Tapi kalau dipikir-pikir, prestasi Emery lumayan banyak. Sejak 2013 tercatat ada delapan piala yang diraih oleh pelatih yang pandai memaki dalam bahasa Spanyol itu. Jauh lebih banyak dari yang diraih Arsenal bahkan pelatih jempolan asal Indonesia seperti Subangkit dan Edi Paryono.

Selain punya sederet prestasi cukup gemilang ketika melatih Sevilla, filosofi sepak bola menyerang ala Spanyol yang dianut oleh Emery dianggap sejalan dengan gaya mainnya Arsenal yang serba cepat dan punya banyak pemain RX King.

“Saya sangat senang dapat bergabung dengan salah satu klub terhebat dalam sepak bola. Saya sangat bersemangat dan tak sabar memulainya,” ucap Emery dikutip lagi dari Kompas. 

Kita tunggu saja kiprahnya bagaimana. Semoga bisa membawa Arsenal meraih kejayaan dan tidak ditertawakan lagi.

https://twitter.com/brfootball/status/999225583195312128

Main photo: @ArsenalPicture4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here