Juventus mendatangkan satu pemain di menit-menit terakhir jelang penutupan bursa transfer musim panas 2019. “Si Nyonya Tua” resmi meminjam seorang pemain dari negara yang cukup “anti-mainstream” yaitu Han Kwang-song dari Cagliari.

Dilihat dari namanya, jelas Han ini bukan pemain keturunan Jawa Barat. Kalau dari daerah Jabar mungkin namanya Hanhan Surehan.

Namanya memang sangat kekoreaan sekali. Tapi Han bukan berasal dari Korea Selatan yang saat ini jadi mainstream sekali di mana-mana. Bidang musik, film, acara TV, banyak sekali pokoknya yang kekorea-selatanan.

Sebab Han merupakan salah satu warga dari negara pimpinan Kim Jong-un a.k.a Korea Utara.

Selama ini pemain-pemain Serie A ataupun liga top Eropa lainnya memang biasanya mendatangkan pemain-pemain dari negara sekitar Eropa saja. Paling-paling beberapa dari benua Afrika.

Tapi Juventus kini melakukan gebrakan dengan mendatangkan pemain asal benua Asia, terlebih Korea Utara. Mungkin di Serie A masih ada sentimen sendiri dengan Korea Selatan. Seperti kita tahu, pada tahun 2002, Italia secara mengenaskan tersingkir di Piala Dunia lewat permainan keras Korea Selatan.

Apalagi belum lama ini para penggemar dari Korea Selatan juga sempat bermasalah dengan bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Hal itu disebabkan mereka tidak terima karena batal menonton Ronaldo saat Juventus melakukan tur Asia.

Juventus sendiri mengumumkan kedatangan Han melalui akun resmi media sosial mereka. Namun Han nantinya tak akan main untuk tim utama Juventus, melainkan bakal memperkuat Juventus U-23 yang berkiprah di Serie C.

Juventus sendiri mendatangkannya dengan status pinjaman dan opsi pembelian di akhir musim nanti.

Han adalah incaran Juventus sejak 2018. Pemain berusia 20 tahun itu bergabung dengan Cagliari pada 2015 dan dua tahun kemudian menjadi orang Korea Utara pertama yang main di Serie A.

“Resmi, Han Kwang-song, pemain baru Juventus. Striker Korea Utara dari Cagliari. Selamat datang,” kicau Twitter resmi Juventus.

Han telah menghabiskan dua musim terakhirnya dengan status pinjaman di klub Seri B, Perugia. Dia mencetak 11 gol dalam 39 penampilan.

Main photo: @juventusfcyouth

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here