Usaha pencarian Real Madrid untuk mendatangkan kiper baru akhirnya berakhir pada seorang pemuda bernama Andriy Lunin. Kiper asal Ukraina ini telah menyelesaikan kepindahannya ke Real Madrid dan menandatangani kontrak yang tidak tanggung-tanggung yaitu selama enam tahun. Waktu yang cukup untuk menyelesaikan kuliah dari S1 hingga S2.

Madrid sendiri mendapatkan Lunin dari klub yang namanya mungkin kita kira adalah nama makanan jika tidak dibertahu bahwa itu merupakan klub sepak bola. Sejauh ini, klub bernama Zorya Luhansk belum melakukan konfirmasi berapa biaya untuk tranfer sang pemain.

Meski begitu, diperkirakan nilai transfer kiper yang seusia Iqbaal Ramadhan itu mencapai 14 juta euro atau sekitar 229 miliar rupiah. Meski masih muda, Lunin yang baru berumur 19 tahun itu sudah mencatat 51 penampilan di liga primer Ukraina untuk Zorya dan mantan klubnya Dnipro.

“Kami berterima kasih kepada Andriy Lunin atas upayanya untuk Zorya. Kami berharap dengan bermartabat mampu menerima tantangan nasib dan akhirnya dia bisa menjadi kiper utama salah satu klub terbaik di dunia. Terima kasih, Andriy! Semoga beruntung di klub baru!” bunyi pernyataan Zorya dikutip dari Liputan6.

Kehadiran Lunin jelas akan menambah opsi penjaga gawang “Los Blancos” di bawah arahan Julen Lopetegui. Sekaligus membuktikan bahwa Madrid mau rekrut kiper jago kelas dunia cuma wacana saja.

Pastinya Lunin akan bersaing dengan kiper Kosta Rika yaitu Keylor Navas yang musim lalu merupakan pilihan utama di bawah mistar gawang Madrid. Jelas tak semudah membalikan telapak tangan bayi yang sedang tidur untuk Lunin masuk ke skuat utama.

https://twitter.com/BEMCJoker/status/1010554989738151937

“Sekarang, saya tidak berpikir soal menjadi penjaga gawang utama. Akan tetapi, saya ingin menempati posisi itu meski membutuhkan waktu bertahun-tahun dan mencoba memenangi trofi Liga Champions bersama klub ini,” kata Lunin dikutip dari Okezone.

Sebelum pindah ke Real Madrid, Lunin bahkan mengaku telah menolak hingga 3.000 tawaran demi bergabung dengan “El Real”. Jumlah yang sangat banyak tentunya. Entah benar atau bohong. Atau jangan-jangan bukan hanya klub sepak bola yang menawarnya, melainkan klub senam ibu hamil juga ikut-ikutan ingin merekrut sang pemain.

Lunin mengatakan bahwa bergabung dengan Real Madrid adalah impiannya sejak kecil. Siapapun pasti bakal mengimpikannya main untuk Madrid, bahkan si Madun sekalipun.

“Semua orang tahu bahwa saya menolak 3.000 tawaran. Sebab, Madrid merupakan klub impian saya. Saya datang ke sini bukan karena uang,” tutup Lunin yang sudah mengoleksi dua caps bersama timnas Ukraina.

Bersama Zorya di musim 2017/2018, penampilan Lunin bisa terbilang lumayan. Dari 36 penampilan yang dimainkannya di semua kompetisi, Lunin telah mencatatkan 10 kali tidak memungut bola sepanjang pertandingan alias 10 clean sheet.

https://twitter.com/realmadriden/status/1010266066721918976

Main photo: antena2.com.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here