Sepanjang musim lalu berseragam Liverpool, Virgil van Dijk, memiliki statistik bagus di mana tercatat tak satupun pemain berhasil melakukan dribble melewati dirinya. Namun statistik tersebut diragukan oleh bintang Tottenham Hotspur, Lucas Moura.

Musim 2018/2019 lalu bisa jadi merupakan salah satu musim terbaik bagi Virgil van Dijk dalam kariernya. Dirinya disebut sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan Liverpool di musim lalu.

Sosok Van Dijk yang tangguh dan pantang menyerah macam para peserta tergigih hari ini dari acara Benteng Takeshi, membuat lawan kerap kali kesulitan menembus pertahanan Liverpool.

Kondisi fisik sempurna, jago duel udara, serta memiliki kecepatan membuat Van Dijk disebut sebagai sosok bek yang cukup sempurna.

Andai jago menepis tendangan penalti, kecepatan larinya 99, dan ahli tendangan bebas, sudah pasti Van Dijk ini menyamai skill pemain editan macam di Winning Eleven PS1. Tingginya 2 meter tapi larinya bisa kencang macam RX King modifan.

Sang pemain akhirnya diganjar dengan penghargaan pemain terbaik Premier League di penghujung akhir musim.

Salah satu fakta yang cukup mengejutkan adalah Van Dijk tercatat tak pernah dilewati oleh pemain lawan sepanjang musim saat berseragam Liverpool. Sebuah fakta yang sangat mencengangkan dan warbiyasa tentunya.

https://twitter.com/Ankit_THFC/status/1150314636962684929

Meski demikian statistik tersebut tak dianggap begitu hebatnya oleh Lucas Moura. Kalau istilah lokalnya, mungkin ia menganggapnya ‘lebay’ atau berlebihan statistik tersebut.

Sebab Moura juga meragukan konsep dan definisi dari ‘melewati’ tersebut. Ia mengatakan tidak tahu dengan pasti, tapi yakin bahwa beberapa pemain pernah melewati adangan Van Dijk.

“Pertanyaannya saya tidak yakin ini benar. Mereka berkata belum pernah ada lawan yang mendribel melewati dia sejak… entah kapan. Jika satu pemain berhasil melewatinya, itu sudah dihitung mendribel,” kata Moura dikutip dari Liputan6.

“Saya tidak yakin, tetapi jelas ada beberapa pemain yang sudah melewati dia. Saya tahu saya pernah mencetak gol melawan Liverpool, kami kalah, tetapi saya mencetak gol melawan Liverpool dan melewati dia. Namun, dia memang hebat, dia benar hebat,” ujar Moura tentang van Dijk.

Moura sendiri tetap menaruh hormat kepada Van Dijk. Menurutnya, terlepas dari statistik tersebut, sosok Van Dijk merupakan pemain hebat yang tak diragukan kemampuannya.

“Dia pemain bagus. Dia tinggi, sekitar dua meter, kuat, dan tim Liverpool merupakan paduan sempurna, dengan rasa kebersamaan,” tutur Moura.

“Jadi dia menjalani musim luar biasa. Dia terpilih sebagai yang terbaik di Premier League, saya kira begitu. Di dunia, ada banyak pemain, tapi untuk musim lalu, saya kira dia masuk dalam tiga pemain terbaik!” tegas Moura.

https://twitter.com/AnfieldHQ/status/1150767648860516352

Main photo: @purelyfootball

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here