Philippe Coutinho bisa dibilang pemain paling berpengaruh di Liverpool. Bukan berarti suka mempengaruhi orang untuk berbuat hal-hal aneh dan absurd, tapi memberikan dampak besar buat “The Reds“.

Setidaknya ada 13 gol dan sembilan asis dari 35 pertandingannya di segala kompetisi musim ini. Bukan angka yang sedikit, apalagi jika dibandingkan Carlton Cole yang belum mencetak gol sama sekali di Persib Bandung.

Saking berpengaruhnya, hampir tiap dia mencetak gol mampu memberikan poin buat tim berlambang burung bangau kayak logo kecap itu. Hanya ada dua pertandingan di mana Coutinho mencetak gol, Liverpool menelan kekalahan. Yakni saat melawan Crystal Palace dan Leicester.

Menurut penuturan seorang ahli bermain bola, Dejan Lovren, yang merupakan rekan kerjanya di Liverpool, Coutinho adalah pemain yang lengkap. Keren banget saat menyerang, bisa bantu pertahanan juga. Kasarnya, bisa diajak susah maupun senang macam kriteria calon istri.

Bukan tidak mungkin Coutinho bisa menjadi gelandang bertahan, atau bahkan kiper sekalipun. Jika dia mau.

Itulah mengapa, pemain yang pernah berkunjung ke Indonesia bersama Inter Milan waktu belum terkenal-terkenal amat itu dianggap punya pengaruh besar.

“Kualitas kami menentukan permainan. Tapi Coutinho tampil luar biasa saat melawan West Ham. Dia selalu membuat perbedaan. Saya pernah berkata padanya bahwa dia sebentar lagi bakal jadi gelandang bertahan karena bisa bermain di semua posisi layaknya pemain nomor 10. Tapi dia hanya tertawa,” ujar Lovren.

Bukan cuma Lovren, tapi juga Divock Origi rekan kerjanya yang lain turut berkata demikian. Kalau saja tak ada Coutinho, mungkin Liverpool hanya seperti serbuk-serbuk kayu yang suka rontok di bawah meja, tak ada artinya.

“Dia mampu menciptakan momen-momen magis. Dia banyak membantu kami jika ada momen besar dan sangat menyenangkan dapat bermain bersamanya. Dia punya talenta luar biasa dan berpengalaman meski usianya baru 24 tahun,” ujar Origi yang berwajah ganteng moderat itu.

Sekarang, Coutinho punya tugas besar untuk meloloskan Liverpool ke Liga Champions musim depan. Tiket sudah ada di depan mata, tinggal mau diambil apa enggak.

Main photo credit: Liverpool Echo

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here