Kejadian berbau rasisme yang menimpan pemain sepak bola kembali terjadi di Italia. Dua mantan Manchester United, Romelu Lukaku dan Chris Smalling, menjadi korban rasis dari judul sebuah surat kabar Italia.

Kasus rasisme memang nampaknya masih melekat benar dengan Serie A. Paling segar di ingatan kita adalah Mario Balotelli yang mengalami tindakan rasisme dari pendukung lawan, bahkan dari gurauan presiden klubnya sendiri.

Kali ini aksi rasisme menimpa dua mantan MU yang sedang merantau ke Italia. Lukaku seperti diketahui kini bermain untuk Inter Milan, sementara itu Chris ‘Lord’ Smalling sedang menjalani hubungan bersama AS Roma.

Kedua tim akan bertemu di akhir pekan ini pada laga lanjutan Serie A pekan ke-15.

Jelas saja sebagai kedua tim raksasa di Serie A, laga antara keduanya sangat ditunggu-tunggu. Media pun tak mau ketinggalan seperti biasa untuk memanfaatkan momen tersebut, termasuk Corriere dello Sport yang bukan merupakan media berbahasa Sunda.

Surat kabar berhasa Italia itu memasang headline dengan judul “Black Friday” yang turut menampilkan foto Lukaku dan Smalling di halaman depan mereka.

Kedua pemain ini seperti diketahui merupakan pemain dengan kulit berwarna.

Hal ini memang cukup membuat kegaduhan di dunia maya. Berbagai kritik negatif ditujukan kepada Corriere dello Sport.

Tulisan “Black Friday” dianggap menunjukan sikap rasialisme dengan turut memasang foto Lukaku dan ‘Lord’ Smalling di belakangnya.

Dilansiri Detik dari Omnisport, Inter dan Roma mengecam tulisan yang ada di sampul koran tersebut. Kecaman juga datang dari klub Liga Italia lainnya seperti AC Milan dan Fiorentina.

Pihak Corriere dello Sport sendiri membantah jika judul tersebut berbau rasisme. Mereka mengatakan hal tersebut justru menghargai keberagaman.

“‘Black Friday’ bagi orang yang mau mengerti, adalah pujian untuk keragaman, bangga dengan perbedaan, serta menghargai kekayaan dalam keberagaman. Jika anda tidak paham, itu karena anda tak mau mencari tahu,” begitu pernyataan dari Corriere dello Sport dikutip dari Detik.

Black Friday atau Jumat Hitam adalah istilah yang mengacu kepada periode waktu belanja setelah perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat, sekaligus momen membeli berbagai kebutuhan menjelang Natal.

Kata ‘hitam’ mengacu kepada warna tinta pada laporan keuangan yang bermakna laba atau untung.

https://twitter.com/FutbolBible/status/1201936241241055233?s=20

Main photo: @goalsncom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here