Kasus rasisme kembali terjadi pada dunia sepak bola. Kali ini kejadian datang dari Portugal saat Porto jumpa Vitoria Guimaraes dalam laga lanjutan Primeira Liga. Moussa Marega jadi sasaran perilaku kocak para suporter norak.

Tidak malu sekali para suporter di Eropa sana sama penonton-penonton negara +62 yang tidak pernah melakukan tindakan rasisme. Paling-paling kalau penonton negara berflower hanya masuk stadion tidak bayar saja paling parah.

Kejadian itu bermula sejak awal pertandingan, bahkan sebelum pertandingan. Marega yang merupakan pemain asal Mali tanpa akhiran h, diejek oleh suporter Vitoria sejak saat melakukan pemanasan.

Namanya manusia, tentu ada batas kesabarannya. Kalau satu kali dua kali mungkin masih bisa diacuhkan, tapi kalau terus-terusan pastinya kesal juga.

Saat laga berjalan kurang lebih satu jam, Marega meminta dirinya untuk diganti karena tak tahan terus diejek suporter lawan. Namun rekan-rekan Marega justru menahannya untuk tetap berada di lapangan.

Pada kocak juga teman-temannya ini. Belum pernah merasakan diejek orang satu tribun pasti mereka.

Marega sendiri terus merangsek keluar lapangan meski dihalangi teman-temannya. Ia lalu memberi gestru jempol ke arah bawah kepada penonton Vitoria saat berada di pinggir lapangan.

Beberapa saat sebelumnya striker asal Mali tersebut mencetak gol untuk membuat Porto unggul 2-1 dan melakukan selebrasi dengan menunjuk warna kulitnya.

Kursi pun terlihat berterbangan dari tribun ke arah dia saat Marega memeluk rekan-rekan setimnya di dekat garis tepi lapangan.

“Saya hanya ingin mengatakan kepada para idiot yang datang ke stadion untuk melakukan nyanyian rasisme, go f*** yourself,” tulisnya di Instagram seperti dikutip dari Goal.

“Dan saya juga berterima kasih kepada wasit karena tidak membela saya dan juga memberi saya kartu kuning karena membela warna kulit saya. Saya harap, saya tidak pernah melihat Anda di lapangan sepakbola lagi. Anda memalukan!”

Marega merupakan mantan pemain Vitoria, ia mencetak 14 gol dalam 31 pertandingan saat memperkuat klub dengan status pinjaman pada musim 2016/17.

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here