Racikan STY Bikin Timnas Melejit, Kuwait Digigit!

0
130

Oleh: Harry Hardian

Sungguh menegangkan dan membahagiakan!! Perasaan campur aduk gado-gado saat menonton pertandingan Kuwait versus Indonesia yang dihelat di Jaber Al-Ahmad International Stadium. Indonesia berhasil menang melawan tuan rumah dengan skor 2-1. Kemenangan tipis ini menjadi langkah manis Indonesia untuk menjaga asa lolos ke putaran Final Piala Asia 2023.

Indonesia sebenarnya tidak diunggulkan untuk memenangkan pertandingan. Melihat perjalanan Timnas yang kurang greget menuju kualifikasi, apalagi melihat indonesia ditahan imbang Bangladesh dengan skor 0-0 pada pertandingan persahabatan. Meski bertajuk persahabatan tidak serta-merta para pemain Indonesia dan Bangladesh memiliki satu grup WA bersama.  

Kekhawatiran sempat melanda pendukung Indonesia di lini masa. Permainan yang monoton, kurang kreasi di lini depan dan hanya mengandalkan bola panjang dari pemain belakang mudah sekali ditebak. Mudah ditebak macam hasil pertandingannya Emyu.  

Tapi kalau dipikir lebih lanjut, apakah ini cara agar strateginya tidak dibaca lawan?

Ternyata tampak perbedaan mencolok saat melawan Kuwait. Pemain belakang Indonesia berani memainkan bola di wilayah sendiri dan build up serangan melalui umpan-umpan pendek. Terkadang dag dig dug ser juga yang nonton karena beberapa kali salah umpan. Ya namanya juga manusia, pasti ada salahnya.

Tapi pada akhirnya taktik tersebut memberikan peluang emas Indonesia dapat mencetak gol.

Dimulai dari tendangan luar kotak penalti Marc Klok, penetrasi Saddil Ramdani, dan Witan Sulaiman yang tinggal berhadapan dengan kiper lawan. Harusnya Indonesia bisa menciptakan lebih dari satu gol dalam pertandingan semalam dan membuat pendukung Indonesia nonton dengan nyamannya.

Pada jalannya pertandingan, Indonesia sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Yousef menit 40. Antisipasi telat pemain tengah Indonesia tidak menutup pemain lawan menjadi celah memberikan assist yang dikonversi menjadi gol.

Untungnya, gol tersebut direspon cepat oleh pemain Indonesia. Umpan brilian Marc Klok ke Rahmat Irianto yang melakukan penetrasi dilanggar kiper lawan membuahkan tendangan pinalti. Marc Klok sang algojo dengan ketenangan hati berhasil menceploskan bola sehingga skor menjadi 1-1. Skor bertahan sama kuat hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Indonesia langsung melakukan inisiatif serangan. Kelengahan pemain Kuwait di awal babak menimbulkan kemelut di depan gawang.  Rahmat Irianto melalui sepakan kaki kirinya berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1.

Tidak disangka, Rahmat Irianto yang tidak menempati posisi aslinya bermain ciamik dalam laga semalam. Sempat canggung bak menantu baru di awal pertandingan, tapi lambat laun berhasil meningkatkan permainan. Dengan satu gol dan penetrasinya yang berbuah penalti, Irianto menjadi kunci tim Indonesia dalam memenangkan pertandingan.

Sampai dengan akhir laga, Indonesia berupaya keras mempertahankan keunggulan dengan bermain sabar, disiplin, dan sesekali melakukan serangan balik.

Peluang emas terakhir tercipta Indonesa melalui sepakan Ricky Kambuaya, sayangnya tidak dapat dikonversi menjadi gol. Kambuaya masih belum seganas buaya. Mesti ditingkatkan lagi insting pembunuhnya.

Raihan kemenangan juga tak disangka Coach Shin Tae Young, pelatih asal boyband BTS, denga lagu House of Card-nya, itu menyatakan pertandingan melawan Kuwait menjadi laga sulit.

“Awalnya saya menilai laga ini akan menjadi tantangan besar nan sulit. Namun, saya tidak menyangka kami menang lawan Kuwait,” ujar Shin Tae-yong.

Indonesia tinggal selangkah lagi dapat lolos ke Piala Asia 2023, jika dapat memenangkan pertandingan melawan Yordania pada Minggu, 12 Juni 2022 pukul 02.15 WIB.

Lolosnya Indonesia akan menjadi impian seluruh rakyat Indonesia untuk berlaga di Piala Asia. Soalnya terakhir kali Indonesia bermain di Piala AsIa pada tahun 2007, itu juga karena Indonesia jadi tuan rumah.

Mudah-mudahan racikan manis Shin Tae-young berlanjut dan Pemain Indonesia dapat bermain dengan spartan dan disiplin di laga selanjutnya. Aamin ya robbalalamin.


Harry Hardian

Penulis yang selalu diawali dengan kata mantan. Mantan pemain, mantan pelatih dan mantan seseorang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here