Penantian Peru untuk berlaga di Piala Dunia selama 36 tahun harus berakhir dengan tragis. Belum sempat mencetak satu gol pun dan meraih poin dalam dua pertandingan, mereka sudah dipastikan untuk tersingkir dari ajang empat tahunan tersebut.

Kepastian itu didapatkan setelah Peru kembali kalah kala melakoni laga melawan Prancis. Satu-satunya gol diciptakan oleh Kylian Mbappe pada laga yang berakhir 1-0. Gol tersebut juga menjadikan Mbappe membuat sejarah sebagai pencetak gol termuda Prancis di ajang Piala Dunia pada usia 19 tahun enam bulan.

Hebat memang anak muda zaman sekarang. Usia 19 tahun ada sudah bisa mencetak gol di Piala Dunia. Ada juga yang jadi artis Tik-Tok dan bikin meet and greet berbayar dengan patokan harga hingga ratusan ribu.

Sebelumnya, Peru juga kalah ketika menghadapi Denmark dengan skor yang sama yaitu 1-0. Memang kejam Piala Dunia ini, mungkin sama kejamnya dengan ibu tiri di cerita Bawang Merah dan Bawang Putih sepertinya.

 

https://twitter.com/BleacherReport/status/1009843196086706176

Pada pertandingan yang digelar di Ekaterinburg Arena itu, Prancis yang sukses mengatasi perlawanan Peru, juga berhasil memastikan lolos ke babak 16 besar. Hasil tersebut membuat “Les Blues” mengemas enam poin hasil dari dua laga. Pada laga terakhir, Prancis akan menghadapi Denmark sedangkan Peru melawan Australia.

Prancis mengawali pertandingan dengan semangat yang tinggi. Mereka sempat membuat dua kali ancamam melalui Antoine Griezmann dan Paul Pogba. Meski begitu kedua peluang tersebut bisa berbuah gol. Namun sayangnya hanya goal kick yang tidak dihitung.

Pasukan Didier Deschamps terus menekan sepanjang babak pertama hingga akhirnya gol tercipta di menit ke-34. Berawal dari tembakan yang dilakukan Olivier Giroud, bola yang diblok oleh bek Peru malah melambung melewati atas kiper.

Mbappe yang kebetulan sedang ada di depan gawang tanpa basa-basi langsung menendang bola. Kalau dia bergoyang The Floss seperti di gim Fortnite dulu takutnya langsung direbut soalnya. Gol Mbappe itu membuatnya memecahkan rekor sebagai pemain termuda Prancis yang mencetak gol di Piala Dunia.

Pada babak kedua Peru lebih banyak mengancam melalui permainan taktis mereka. Gawang Hugo Lloris sempat dibuat bergetar meski tidak ada yang menelpon ketika tendangan Pedro Aquino dari luar kotak penalti mengenai mistar gawang.

https://twitter.com/UEFAEURO/status/1009824374030061569

Peru yang kesulitan menembus pertahanan Prancis kemudian banyak melakukan tendangan spekulasi dari jarak jauh. Namun hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 tetap bertahan untuk Prancis, sekaligus mengakhiri mimpi Peru yang menunggu selama 36 tahun untuk berlaga di turnamen itu.

Deschamps mengakui kesulitan untuk menjalani laga pada babak kedua. Namun ia bersyukur para pemain bisa melewatinya dan berhasil lolos ke babak 16 besar.

“Kami sangat puas karena lolos ke fase gugur, namun pertandingan berjalan sulit di babak kedua. Kami bermain lebih baik di babak pertama-permainan lebih mengalir. Kami bermain solid di babak kedua yang membantu kami meraih hasil ini,” ujar Deschamps.

https://twitter.com/brfootball/status/1009842867232169984

Main photo: @Squawka

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here