Mantan pelatih Frenkie de Jong ketika di Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag, menyorot posisi sang pemain di Barcelona. Ten Hag menilai bahwa Frenkie kini bermain tak sesuai posisi alaminya di bawah Quique Setien.

Nama Erik Ten Hag memang bisa disebut salah satu orang yang berjasa dalam mengorbitkan nama De Jong.

Pada Champions League musim 2018/2019, Ajax dibuatnya jadi tim kejutan meski tak berhadiah seperti Ale-Ale setelah mencapai babak semi final dengan menyingkirkan tim-tim sekelas Real Madrid atau Juventus.

De Jong akhirnya memutuskan untuk pindah ke Barcelona setelah musim 2018/2019 berakhir.

Namun sejak Barcelona ditangani oleh Setien, De Jong mendapat peran baru di atas lapangan pada sebuah pertandingan.

Bukan peran yang kocak bikin kita terbahak-bahak macam lagunya Godbless. Tapi ia dicoba ditempatkan di posisi seorang attacking midfielder alias gelandang serang. Saat itu Setien mencoba racikan barunya di laga Barcelona kontra Valencia yang akhirnya berakhir dengan kekalahan 0-2.

https://twitter.com/LaLigaEN/status/1227185511124656129?s=20

Musim ini, De Jong sudah bermain sebanyak 32 kali untuk Barcelona. Setelah banyak dimainkan sebagai gelandang tengah  sebanyak 22 kali dan gelandang bertahan di 9 pertandingan, Baru laga melawan Valencia, De Jong dimainkan sebagai gelandang serang.

Sebagai sang mantan, mungkin Ten Hag ini merasa ada tanggung jawab moral kepada mantan pemainnya. Ia menyebut bahwa De Jong akan bermain maksimal apabila ditempatkan pada posisi aslinya yaitu gelandang tengah.

“Dia bukan pencetak gol. Dia adalah pemain yang bertugas menyuplai bola, memasok bola ke rekan tim yang memberikan assist atau yang mencetak gol sesuai posisinya,” kata Ten Hag, dilansir Detik.

“Saya ingin terus mengandalkan mereka berdua (De Jong dan Matthijs de Ligt, kini bermain di Juventus) selama satu atau dua tahun lagi, karena itu akan lebih baik untuk Ajax dan untuk sepak bola Belanda. Dengan mereka, Anda bisa melangkah jauh di Liga Champions karena mereka adalah pemain yang sangat berkualitas,” ujar Ten Hag.

Main photo:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here