Portugal nyaris saja meraih kemenangan di laga perdana Piala Konfederasi 2017 saat melawan Meksiko. Sudah girang bisa cetak gol keunggulan pada menit-menit akhir, kemudian dibalas lagi oleh Meksiko sehingga pertandingan berjalan seri 2-2.

Portugal memang mengincar kemenangan pada laga ini. Sama, Meksiko juga demikian. Sebagian besar namanya tim sepak bola pasti mengincar kemenangan. Jarang ada yang mengincar seri apalagi kalah kecuali punya kepentingan khusus.

“Seleccao das Quinas” mengawali laga dengan mengontrol pertandingan serta membombardir gawang Meksiko yang dikawal Guillermo Ochoa, kiper berambut kribo yang pakai bandana biar dibilang anak 80-an.

Namun, Ochoa tampil cukup gemilang setelah mementahkan beberapa peluang Portugal. Satu gol Portugal yang dicetak Luis Nani juga dianulir wasit karena dianggap offside.

Sampai pada akhirnya, gol yang ditunggu datang juga setelah sebelumnya terjebak macet di jalan raya. Berawal dari Cristiano Ronaldo yang melakukan skill individu di kotak penalti Meksiko, lalu memberikan umpan manis manja kepada Ricardo Quaresma.

Quaresma sendiri tak langsung menendang bola ke dalam gawang. Tapi mengecoh Ochoa terlebih dahulu biar kelihatan keren.

Hanya berselang tujuh menitan macam kultum di masjid-masjid, Meksiko mampu menyamakan kedudukan lewat Javier Hernandez. Hernandez sukses menyundul bola dengan kepalanya setelah memanfaatkan umpan membelah awan dari Carlos Vela.

Pertandingan sepertinya berjalan imbang karena hingga menit 85, kedua tim masih tak mau juga mencetak gol. Padahal peluangnya banyak. Mungkin sengaja, bikin golnya menit-menit akhir biar kelihatan seru.

Kalau lihat di Livescore, pasti bakal keren jika ada dua gol terpampang dengan menit 86 dan 90. Portugal yang lebih dulu bikin gol ke gawang Meksiko lewat kaki Cedric Soares yang sempat deflect salah seorang pemain Meksiko yang tak mau menyebutkan namanya.

Portugal sudah girang bukan kepalang, seolah bakal menang. Namun sayang, Meksiko memaksa mereka main imbang. Portugal pun ganang alias gagal menang.

Sundulan Hector Moreno yang tak ada hubungan saudara dengan Moreno Soeprapto itu bisa masuk ke gawang saat memanfaatkan situasi bola pojok yang dilakukan di pojok. Kalau di tengah namanya Kick Off.

Jelas, pelatih Fernando Santos merasa kecewa lantaran timnya dikasih PHP. Meski akhirnya, dia menganggap hasil ini cukup adil dan bijaksana, seperti yang ada dalam buku-buku PPKn.

Awalnya kami tidak mampu mengontrol pertandingan namun kemudian kami bisa menyeimbangkannya dan bisa saja menang di akhir.

“Awalnya kami tidak mampu mengontrol pertandingan namun kemudian kami bisa menyeimbangkannya dan bisa saja menang di akhir. Pada akhirnya hasil ini terbilang adil karena Meksiko juga bermain baik,” katanya dikutip Goal.

Ronaldo Bungkam

Ada hal menarik dalam laga ini. Siapa lagi kalau bukan Ronaldo yang lagi kekinian dibahas di media manapun gara-gara kasus pajak.

Striker Real Madrid yang bermain di Madrid itu memang lagi ‘KZL’ gara-gara kena kasus penggelapan pajak. Dia pun mogok berbicara meski tak sampai melakukan aksi demo mogok makan di istana.

Dia terpilih sebagai man of the match dalam laga itu dan harusnya menghadiri konferensi pers. Namun, dia ogah datang mungkin menghindari wartawan yang suka iseng bakal nanya kasus pajaknya.

Ronaldo juga diam saja ketika melewati mixed zone, zona di mana para wartawan bisa mewawancarai pemain yang sedang lewat menuju ruang ganti atau bus. Bukan karena gagu, tapi memang Ronaldo lagi malas bicara. Maklumi saja.

Main photo: Goal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here