Pisang adalah salah satu buah yang punya banyak peran di dunia sepak bola. Salah satunya adalah manfaat pisang yang bisa berguna sebagai doping alami bagi para pemain saat sedang bertanding.

Selain sering kita temukan di akun-akun selebgram seksi yang sering kali menggunakan pisang untuk membuat konten asik “menjurus”, buah pisang juga banyak mendapat tempat di olahraga sepak bola.

Memang pada satu sisi pisang sering menjadi simbol yang kurang elok bagi segelintir oknum yang menggunakannya untuk bersikap rasis. Kerap kali kita temukan kasus di mana pisang dilemparkan ke lapangan sebagai bentuk ejekan rasial.

Tapi selain itu, pisang memiliki efek positif apabila dikonsumsi oleh para atlet sepak bola. Yang kita bicarakan di sini adalah buah pisang, bukan banana boat yang sering ada di pantai-pantai harga Rp 70.000 per orang.

Secara ilmiah, kandungan yang terdapat pada pisang bisa berguna untuk meningkatkan stamina para atlet jika dikonsumsi sebelum menjalani pertandingan. Dengan kata lain pisang adalah sumber energi alias doping alami yang sangat aman untuk dikonsumsi.

Daripada minum kopi cleng atau beli obat di toko Aceng, bisa bahaya yang seperti itu. Nanti bisa-bisa malah si Joni yang semangat dan bangun terus sepanjang pertandingan.

https://twitter.com/FutbolBible/status/1210440170551435264?s=20

Berlari mengejar bola sepanjang 90 menit tentunya sangat menguras energi. Nutrisi yang baik sangat dibutuhkan para pemain agar stamina tetap terjaga selama masa pertandingan.

Satu buah pisang, bukan pisang goreng madu meski itu sangat enak, mengandung sekitar 120 kalori, 16 gram gula, serta tingkat karbohidratnya yang tinggi mampu memberikan energi tambahan, ditambah 1,5 gram protein untuk membantu kerja otot.

“Nutrisi dalam pisang bermanfaat bagi jantung, otot, saraf, ginjal, dan tulang,” kata Dr Stewart Laing, konsultan fisiologi olahraga dan olahraga, seperti dikutip dari FourFourTwo.

“Pisang cocok dikonsumsi sebelum pertandingan karena memiliki proporsi karbohidrat yang tinggi, yang dapat dikonversi menjadi energi.”

Potasium

Potasium, salah satu kandungan mineral yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah, banyak terkuras karena kerja otot dan keringat yang keluar saat sedang berolahraga. Sebuah pisang sendiri memiliki kurang lebih 500 miligram potasium yang menjadi dosis yang cukup untuk mendapatkan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh tersebut.

Zat Besi dan Vitamin C

Zat besi membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh saat melakukan kegiatan fisik. Sementara yang sering berolahraga berat juga rentan kekurangan zat besi. Dengan mengonsumsi sebuah pisang, maka tubuh mendapat asupan sekitar 0,35 mg zat besi serta vitamin C yang membantu sel-sel baru untuk membentuk dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Memiliki kedua nutrisi tersebut sangat berguna karena vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi.

Vitamin B6

Karena aktivitas fisik yang berat, pemain sepak bola dan para atlet butuh lebih banyak vitamin B-6 yang membantu tubuh mendapatkan energi dari nutrisi. Sebuah pisang memberikan sekitar 0,5 mg vitamin B-6 yang merupakan 1/3 dari dosis harian yang dibutuhkan manusia.

Selain pisang, beberapa jenis buah-buahan lain dipercaya bisa untuk menambah atau memulihkan stamina saat berolahraga seperti contohnya kismis, aprikot, blueberry, apel, dan strawberry.

Main photo: sports.sme.sk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here