Tanpa banyak diketahui, babak play-off Liga Champions musim 20182019 telah usai dilakukan. Diikuti oleh tim-tim yang sangat terkenal di mata penggemarnya masing-masing, total ada enam tim yang telah melewati babak play-off tersebut. Kehadiran enam tim tersebut melengkapi total peserta Liga Champions menjadi 32 tim.

Liga Champions musim 2018/2019 telah mendapatkan 32 peserta yang datang dari liga-liga terkuat di Eropa. Semua tim tersebut akan berjuang mati-matian kurang lebih selama satu tahun ke depan demi meraih trofi si kuping panjang meski bukan keturunan elf macam di film Lord of the Ring.

Jelas saja mereka akan berusaha mengangkat trofi yang merupakan raihan tertinggi bagi klub sepak bola di Eropa sana. Namun perjuangan mereka demi menjadi peserta saja melalui jalan yang berat.

Sebab setengah dari jatah 32 tim tersebut saja sudah direbut oleh tim-tim liga top Eropa yaitu La Liga, Serie A, Bundesliga, dan Premier League. Keempat liga tersebut mendapat jatah otomatis dari peringkat empat terbaik musim lalu, yang berarti mereka mengirimkan 16 perwakilan.

Jadi beruntunglah tim macam Inter yang baru saja lolos kembali ke Liga Champions, tak perlu diadu lagi. Sementara itu slot yang lebih kecil diberikan kepada tim-tim lemah yang kalau zaman sekarang mungkin sebutan yang tepat adalah sobat misqueen.

Tiga slot diberikan kepada Ligue 1, dua untuk Liga Rusia, dan satu tempat untuk juara liga Portugal, Ukraina, Belgia, Turki, dan Republik Ceko. Sedangkan tim-tim dari liga lain macam Belanda, Swiss, dan Yunani harus berjuang melalui babak play-off.

“26 tim diberikan hak masuk langsung ke babak penyisihan grup di bawah sistem kompetisi baru, bergabung dengan enam pemenang dari laga play-off yang dimainkan pada 21/22 dan 28/29 Agustus 2018,” tulis UEFA dikutip dari Tirto.

Setelah menjalani babak kualifikasi dan play-off, akhirnya enam tim memastikan diri untuk bergabung menjadi peserta Liga Champions. Keenam tim tersebut adalah Ajax Amsterdam, BSC Young Boys, AEK Athens, Benfica, PSV Eindhoven, dan Red Star Belgrade.

Babak play-off sendiri telah dilakukan dengan memainkan pertandingan dua leg. Klub legendaris asal Belanda yaitu Ajax Amsterdam berhasil mengalahkan Dynamo Kiev dengan agregat 1-3. Sementara perwakilan Swiss yaitu Young Boys lolos dengan agregat 3-2 setelah mengandaskan Dinamo Zagreb di kandang sendiri dengan skor 2-0 pada laga kedua.

Sementara itu AEK Athens kembali mengikuti Liga Champions setelah keikutsertaan terakhir pada musim 2006/2007. Lama sekali memang, pada masa itu mungkin handphone N-Gage masih sangat gaul.

PSV dan Benfica sendiri sama-sama lolos dengan mulus setelah menang agregat telak atas lawan-lawannya. PSV unggul 6-2 atas BATE Borisov, sementara Benfica menumbangkan PAOK Thessaloniki dengan agregat 5-2.

Hasil dramatis yang membuat Peter Drury mengatakan “and the comeback is complete” dipetik oleh Red Star Belgrade. Setelah imbang 0-0 di leg pertama, Red Star melakukan comeback dari ketertinggalan dua gol. Mereka akhirnya lolos berkat gol tandang setelah imbang 2-2.

Sebanyak 32 klub tersebut sudah dibagi ke dalam empat pot yang berbeda dimana tiap pot berisi delapan klub. Nantinya tiap grup akan berisi satu tim dari tiap pot.

Pengundian fase grup akan dilakukan di Grimaldi Forum, Maroko pada Kamis (30/8/2018) pukul 18.00 waktu setempat atau 23.00 WIB.

https://twitter.com/brfootball/status/1034924598456995845

Main photo: slavdelo.dn.ua

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here