Berita tentang Bhayangkara FC yang jadi juara Liga 1 GOJEK-Traveloka memang sedang ramai diberitakan di media massa belakangan ini. Tim berjuluk “The Guardians” itu seolah kehilangan respek dari segenap masyarakat bola Indonesia yang jadi juara berkat hadiah kemenangan WO atas Mitra Kukar.

Terlepas dari kontroversi tersebut, tim Bolatory sudah menghimpun beberapa referensi untuk menjelaskan gelar juara Bhayangkara secara ilmiah. Bahkan memakai hitung-hitungan matematika SD kelas 3.

Sampai pada pekan ke-33, Bhayangkara melakoni 33 pertandingan dengan kemenangan 22 kali, seri dua kali, dan kalah sembilan kali. Total poin yang dikumpulkan adalah 68 poin. Unggul tiga angka dari Bali United yang tak mungkin bisa juara karena kalah head to head.

Seperti diketahui, dalam aturan Liga 1 dan umumnya kompetisi sepak bola, Menang (M) itu poinnya tiga, Seri (S) poinnya satu, kalau Kalah (K) tak dapat poin sama sekali alias nol. Jadi rumusnya, total poin = 3M + 1S + 0.

Jadi, jika dihitung-hitung secara ilmiah, Bhayangkara mencatat 22 kemenangan maka dikalikan tiga didapat jumlahnya adalah 66 (22 x 3 = 66).

Evan Dimas dan kawan-kawan lalu mendapat dua poin tambahan bukan karena mereka menang WO. Melainkan karena meraih dua hasil imbang dengan ikhlas. Berhubung seri itu poinnya satu, maka dua dikali satu sama dengan dua (2 x 1 = 2).

Berhubung kalah poinnya nol, maka tidak ada penambahan apapun. Alhasil, didapatlah angka 68 hasil dari 66 ditambah dua ditambah nol (66 + 2 + 0). Kalau dipecah ke dalam rumus tadi, maka 68 = 3(22) + 1(2) + 0.

Sedangkan Bali United yang jadi pesaing utama mereka, cuma meraih 20 kemenangan, lima kali seri, dan delapan kali kalah. Jumlah poin menang 20 dikali tiga sama dengan 60 poin (20 x 3 = 60). Lalu poin seri lima dikali satu sama dengan lima (5 x 1 = 5).

Jadi total poinnya, 3(20) + 5(1) + 0 = 65 poin atau kalau mau gampang, 60 ditambah lima poin jadi totalnya 65 poin.

Berdasarkan aturan, tim yang jadi juara adalah tim yang paling banyak mengumpulkan poin dalam satu musim. Jumlah poinnya Bhayangkara (68) masih lebih besar dari Bali United (65). Artinya, 68 > 65 maka Bhayangkara yang berhak jadi juaranya.

Meski masih tersisa satu laga, Bhayangkara bisa saja kalah dan Bali United menang sehingga mendapat poin sama yakni 68 = 68. Namun, Bhayangkara tetap keluar sebagai pemenang karena dalam dua pertemuan, mereka menang dua kali.

Jadi total poin di antara mereka berdua, Bhayangkara mengumpulkan 6 poin (hasil dua kali menang dikali tiga (2 x 3 = 6)). Sedangkan Bali United poinnya nol karena tak pernah menang ataupun seri.

Kira-kira begitulah penjelasan ilmiah yang sangat logis dan cermat berdasarkan hitung-hitungan matematika kelas 3 SD. Jika berdasarkan hitung-hitungan tersebut, Bhayangkara memang layak juara. Sekian.

Main photo: @bhayangkarafcid 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here