FIFA resmi mengumumkan sejumlah nama yang termasuk dalam kategori pemain terbaik 2019. Mega super ultra cyborg Lionel Messi menjadi yang terbaik di antara yang terbaik setelah terpilih sebagai The Best FIFA Men’s Player 2019.

FIFA sebelumnya telah mengumumkan 10 kandidat pada 31 Juli 2019 yang kemudian mengerucut menjadi tiga nomine saja pada 2 September 2019. Proses yang sama juga berlaku untuk penghargaan pemain terbaik wanita, serta pelatih terbaik pria dan wanita.

Bersaing dengan Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo, Messi akhirnya terpilih melalui voting yang dilakukan kapten para timnas.

Nama Lionel Messi memang tampil cukup bagus bersama Barcelona pada musim lalu. Ia mampu membawa Barcelona juara La Liga meski kocak di Copa del Rey apalagi di Liga Champions.

Dari segi jumlah gol, ke-cyborg-an Messi memang belum tertandingi. “La Pulga” menjadi top skor La Liga, Liga Champion sekaligus meraih Sepatu Emas Eropa. Ia mencetak 51 gol dari 49 laga di semua kompetisi pada musim lalu.

Penghargaan ini membuat Messi kembali meraih gelar tersebut sejak terakhir ia raih di tahun 2015. Tambahan satu gelar membuat Messi kini mengoleksi enam piala dan menjauhi saingan sesama cyborg, Cristiano Ronaldo, yang baru meraih empat penghargaan tersebut.

“Buat saya, penghargaan-penghargaan individu itu nomor dua dan penghargaan kolektif adalah yang pertama. Tapi hari ini adalah hari spesial untuk saya.”

https://twitter.com/Squawka/status/1176218665529880582

“Saya ditemani istri dan anak-anak di sini, dan ini adalah pertama kalinya mereka datang (ke acara semacam ini),” imbuh Messi dikutip dari Detik.

Selain pemain terbaik, ada juga anugrah kiper terbaik yang diraih oleh Alisson Becker yang tampil gemilang bersama Liverpool dan timnas Brasil sepanjang musim lalu. Sementara itu pelatih terbaik diraih oleh Jurgen Klopp.

Selain Messi dan Alisson Becker, sejumlah nama pemain-pemain yang menunjukan performa level “cyborg” masuk dalam FIFA FIFPro World XI atau sebelas pemain terbaik pada ajang yang digelar di Teatro alla Scala, Milan, Italia.  

Sebelas pemain tersebut adalah Matthijs de Ligt, Sergio Ramos, Virgil van Dijk, Marcelo, Luka Modric, Frenkie De Jong, Eden Hazard, Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe, serta Alisson Becker dan Lionel Messi.

Main photo: standard.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here