Tim berlambang kampret hitam dari Valencia melalui laman resminya resmi memperkenalkan rekrutan teranyar mereka. Meski nama yang satu ini adalah lagu lama, namun bukan kaset kusut. Pemain yang mereka pinjam dari klub satu kontrakan dengan AC Milan di San Siro akhirnya mereka permanenkan.

Geoffrey Kondogbia yang dipinjam dari Inter selama semusim resmi menandatangani kontrak berdurasi empat musim atau hingga 30 Juni 2022 dengan Valencia. Seperti diketahui bahwa sebelumnya Kondogbia dipinjam selama semusim dari Inter.

Hitung-hitung jajal, jadi tidak beli kucing dalam karung begitu. Sama seperti Kondogbia, masa mau dimasukan dalam karung orang sebesar itu. Ternyata selama satu musim berseragam “Los Che”, Kondogbia berhasil menunjukan performa yang ciamik.

Setelah bermain sebanyak 31 penampilan di La Liga, pemain berwajah ganteng geografis itu jadi salah satu aktor penting keberhasilan Valencia lolos ke Liga Champions. Alhasil “Los Che” kepincut dengan pemain kelahiran Perancis itu.

Entah ada apa dengan Inter. Sering sekali buang-buang pemain bagus. Terakhir mereka juga sempat rugi besar ketika melepas Philippe Coutinho ke Liverpool. Apalagi setelah dibeli seharga 142 juta pound oleh Barcelona. Menyesal sampai terbawa mimpi tanpa basah pastinya.

Kondogbia dipermanenkan dengan harga yang sudah disepakati dari awal. Uang sebesar 25 juta euro dikeluarkan manajemen Valencia, untuk pemain berusia 25 tahun itu. Kesamaan angka 25 merupakan ketidaksengajaan. Tapi mungkin saja andai dia sudah berusia 30 nilai transfernya jadi 30 juta euro.

Harga tersebut tidak murah. Namun setidaknya Valencia sedikit beruntung, karena “I Nerazzuri” mengeluarkan hampir 40 juta euro ketika memboyong sang pemain dari AS Monaco. Padahal sang pemain belum berusia 40 tahun saat itu.

“Valencia telah melaksanakan klausul pembelian Geoffrey Kondogbia dalam kesepakatan peminjaman dari Inter Milan. Klausul pelepasan Kondogbia akan berada di angka 80 juta euro (Rp 1,32 miliar),” bunyi pernyataan Valencia di situs resmi klub seperti dikutip dari Bola.com.

Pada sisi lain, Kondogbia mengaku bahagia bisa berseragam Valencia yang telah ia kenakan selama satu musim ke belakang. Ia berharap bisa jadi bagian sejarah dari Valencia. Semoga saja sejarah yang baik, bukan sejarah pembelian gagal. Siapa tahu musim depan Kondogbia mainnya jadi letoy macam jemuran basah.

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari proyek Valencia. Saya pun berterima kasih kepada para suporter, rekan satu tim, dan seluruh elemen yang menyebut saya dengan baik di Valencia. Saya berharap bisa menjadi bagian dari sejarah Valencia,” ujar Kondogbia.

Sepanjang penampilan yang ia berikan untuk Valencia di musim ini, Kondogbia telah mengemas empat gol dan empat assist dari 36 penampilan di semua kompetisi. Hasil yang lumayan daripada lu manyun. 

Meski tampil cukup mentereng musim lalu, namun Kondogbia masih belum cukup jago untuk menembus tim Ayam Jago, Perancis. Ia tidak dibawa pada skuat Perancis untuk Piala Dunia 2018 nanti.

Main photo: @HotspurHacker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here