Tim nasional Jerman sudah mengumumkan daftar siapa saja yang telah lulus ke Piala Dunia 2018. Sebanyak 23 nama telah dinyatakan lulus, sedangkan beberapa orang terpaksa tidak diluluskan karena berbagai alasan.

Salah satu korban yang tak lulus adalah Leroy Sane. Winger lincah selincah kucing warung pecel itu sepertinya tidak bisa melewati passing grade yang ditetapkan pelatih Joachim Loew. Hal ini cukup mengejutkan warga bola yang suka pada sotoy, merasa lebih jago dari pelatih Jerman itu sendiri.

Sane yang bukan kepanjangan dari ‘Sadio Mane’ sebenarnya tampil cukup mantul alias ‘mantap betul’ di Manchester City. Dari 49 laga, pemain yang mirip Xiao Dre di film Karate Kid mencetak 14 gol dan 19 assist. Angka yang sangat banyak mengingat pemain sehebat Keylor Navas yang juara Champions tiga kali saja tak sampai bikin 14 gol dan 19 assist.

Sayangnya, level kejagoan Sane itu cuma sampai level klub. Di timnas Jerman, pemain yang tak hobi makan sayur asem itu hanya mencetak satu assist dari 12 kali kesempatannya membela “Der Panzer“.

Pada beberapa kesempatan uji coba, Sane juga tak menampilkan permainan terbaiknya seperti saat dia main di City. Apakah karena gara-gara dia tak bisa bahasa Jerman? Tentu itu bukan alasan karena dia sudah tinggal di Jerman dari masih kecil, dari wajahnya jelek sampai berubah jadi gantengan sedikit.

Mungkin itulah yang jadi pertimbangan Loew yang hobi menggaruk bagian vitalnya. Ditambah, ada anggapan kalau pelatih kharismatik tapi bikin ilfil itu tak suka memakai winger klasik macam Sane yang hobi trek-trekan di pinggir lapangan.

Akhirnya, Loew lebih memilih Julian Brandt, winger yang bisa main rada ke tengah dan lebih tenang. Bawaannya enggak ingin pencet R1 melulu.

Sane sudah pasti kecewa gagal tampil di Piala Dunia. Siapa sih yang malah senang tak main di turnamen sebesar itu. Mungkin yang ogah hanya pedagang Tanah Abang, soalnya lagi musim lebaran begini dagangan lagi laris tak bisa ditinggal ke Piala Dunia.

Semua pemain bola pasti mendambakannya. Wajar kalau pemain berusia 22 tahunan itu kecewa. Namun, tak ke Piala Dunia bukan akhir dari segalanya. Sane tetap berusaha tegar walau harus tidur dengan mata nanar sambil memandangi langit-langit kamar.

“Saya tentu saja kecewa tidak akan berpartisipasi di Piala Dunia. Tapi saya harus menerima keputusan ini dan saya akan memberikan segalanya demi kembali lebih kuat. Saya doakan tim nasional di Rusia, ayo bawa pulang gelar itu,” tulis Sane dalam status Twitternya yang akunnya bukan bernama @Sane_Gemash1996.

Dia bahkan menanggapi santai beberapa pihak yang kecewa atau mempertanyakan keputusan Loew. Salah satunya Kyle Walker dalam postingan di Instagramnya.

Walker yang merupakan rekan setim di City, mem-posting gambar lagi menyemburkan air macam kuda lumping, tinggal dikasih api saja, jadilah peserta acara Indonesia’s Got Talent. 

“Ketika Anda mengetahui Leroy Sane tidak memperkuat timnas Jerman pada Piala Dunia 2018,” tulis Walker yang mengunggah fotonya tengah menyeburkan air.

Menanggapi hal itu, Sane pun santai. Dia lalu komentar di kolom komentar bak netizen Indonesia yang hobi banget nge-komen. “Anda beruntung tak harus menghadapi saya di Piala Dunia 2018,” tulisnya, sambil bercanda.

Main photo: BBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here