Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengeluarkan kebijakan baru untuk timnya. Pelatih asal Spanyol itu kini mematikan akses wifi dan semua koneksi internet di lokasi latihan klub. Itu berarti, Sergio Aguero dan kawan-kawan tak bisa lagi internetan mulai dari main Instagram, Path, Whatsapp-an, Line, Kakao Talk, Get Rich, sampai Bigo.

Kebijakan unik itu diambil Pep untuk menjaga kekompakan timnya. Dia sangat menyadari bahwa komunikasi tatap muka antar-pemain diperlukan agar pemain tetap harmonis, layaknya hubungan suami-istri. Bisa dibayangkan betapa kesalnya suami saat pulang ke rumah, istrinya malah kedapatan asyik ber-Youtube-ria padahal sang suami sudah memiliki hasrat.

Selama ini, mantan pelatih musuh bebuyutan Real Madrid itu melihat anak asuhannya sibuk dengan gadget-nya masing-masing saat latihan selesai. Mulai dari main game, whatsapp-an, hingga hanya sekadar mengecek pulsa atau teleponan iseng dengan customer service operator seluler.

 

Guardiola melarang pemainnya internetan. Credit by 101greatgoals.com
Guardiola melarang pemainnya internetan. Credit by 101greatgoals.com

Hal ini menjadi perhatian bagi Pep. Dia ingin interaksi antar pemain atau bahasa akademisnya komunikasi antar-personal dapat lebih banyak terjadi di ruang ganti “The Citizens”. Seperti mendiskusikan pelajaran latihan, bercanda, menggoda wanita fakultas lain, menggosipkan dosen, dan kegiatan komunikasi tidak penting lainnya.

Itulah mengapa, mantan pemain tim gurem Brescia itu memerintahkan tim IT klub untuk mematikan semua akses internet. Semua pemain City kini tak bisa lagi internetan meski memakai paket data pribadi. “Ruang ganti ada di lantai tiga dan tidak ada koneksi internet di sana. Semua akses internet dimatikan, kami bahkan tidak bisa mengakses 3G,” ujar bek Pablo Zabaleta, seperi dikutip Liputan 6. 

Jadi, bagi para pemain City kini jangan harap bisa bebas internetan di markas latihan. Apalagi melihat cewek-cewek seksi di Bigo Live atau sekadar menonton video Awkarin terbaru. Mau SMS saja mungkin sulit seperti sedang berada di pedalaman Papua.

Pablo Zabaleta. Credit by teamtalk.com
Pablo Zabaleta. Credit by teamtalk.com

Zabaleta juga menambahkan bahwa Guardiola mewajibkan seluruh pemainnya untuk makan bareng pada pagi dan siang hari seusai latihan. Dengan makan bareng, komunikasi langsung dapat terjadi dan para pemain bisa saling sharing. 

Zabaleta yang berkepala plontos mirip pelatihnya itu menyambut baik segala kebijakan Pep. Dia menyadari bahwa beginilah cara kerja pelatih kelas dunia. Itulah yang membuatnya manggut-manggut saja seperti boneka anjing di dashboard mobil.

“Dia memaksa kami untuk sarapan dan makan siang bersama klub,” tutur Zabaleta dilansir Soccerway kemudian dikutip Liputan 6. “Anda selalu bermimpi bisa dilatih pelatih terbaik dan hari ini saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan salah satu yang terbaik.”

Jangan harap bisa chatting di ruang ganti City. Credit by Goal.com
Jangan harap bisa chatting di ruang ganti City. Credit by Goal.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here