Partai Paris Saint Germain melawan Istanbul Basaksehir terpaksa ditunda lantaran terdapat aksi rasisme. Yang mengejutkan, tindakan rasis keluar dari congor wasit keempat.

Jadi ceritanya, PSG dan Basaksehir ini baru berjalan sekitar 15 menit. Tiba-tiba muncul ramai-ramai di pinggir lapangan. Wasit keempat bernama Sebastian Coltescu meminta wasit utama, Ovidu Hategan, mengusir Pierre Webo karena melakukan protes.

Sayangnya, berdasarkan video yang tersebar, Coltescu menyebut Webo dengan sebutan “This black guy“. Atau dalam bahasa Indonesianya kira-kira begini, “Tolong usir orang hitam ini.”

Tentu saja Webo marah mendengarnya. Dia langsung menghampiri Coltescu dan bertanya “Kenapa Anda memanggil saya negro?”

Situasi makin ramai dan tak terkendali setelah para pemain Basaksehir meninggalkan lapangan, disusul pemain PSG. Mereka memprotes aksi tak terpuji Coltescu.

Coltescu mencoba menjelaskan maksudnya. Dari potongan video, tampak Coltescu berujar, “Negro artinya orang berkulit hitam, yang saya maksud adalah pemain berkulit hitam, saya memang menyebutnya demikian.”

Memang, maksud Coltescu mungkin mencoba deskriptif, saat ingin meminta wasit utama mengusirnya, dia mendeskripsikan Webo dengan orang berkulit hitam. Sama halnya misal kita menyebut “Itu lho yang hidungnya mancung.”

Sayangnya, kalau di sana kata “negro” atau “hitam” memang sangat sangat sensitif. Tidak boleh ada kata seperti itu lagi untuk memanggil atau mendeskripsikan seseorang.

Makanya, Demba Ba yang pertama kali marah kepada Coltescu. “Kalau Anda memanggil orang kulit putih, Anda akan memanggilnya ‘this guy’, tapi kenapa kepada orang kulit hitam Anda memanggilnya ‘this black guy’?” ujar Demba.

Pokoknya si Coltescu ini sudah salah banget. Sudah tidak perlu mengeles atau berusaha menjelaskan lagi. Alasannya sudah tidak bisa diterima. Sudah salah dari sudut pandang apapun juga. Terlebih, kejadian ini ada di turnamen sekelas Liga Champions.

Kylian Mbappe juga tampak marah dan meminta Coltescu diusir dari pertandingan ini. Begitu juga pelatih Basaksehir, Okan Buruk.

“Kami tidak bisa bermain dengan orang ini. Dia harus pergi dari sini!” kata Mbappe.

“Tolong pergi dari sini. Kami tidak bisa menerima Anda di sini. Anda harus pergi. Anda rasis!” ujar Okan, mengomel di depan wajah Coltescu.

Kejadian ini memang sangat seru, meski jauh lebih seru tersingkirnya MU dari Liga Champions. Apakah ini merupakan pengalihan isu? Kebangetan sekali Anda kalau sampai bilang pengalihan isu.

Yang penting, “Let’s kick racism out of football!”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here