Penentuan siapa yang akan menjadi juara Aceh World Solidarity Games (AWSG) 2017 dapat disaksikan di TV berlogo Burung Rajawali sore ini. Timnas Indonesia arahan Luis Milla akan melawan tim nasional Kirgizstan di stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (6/12/2017) pukul 16.00 WIB.

Unggul selisih gol atas Indonesia, Kirgizstan menduduki posisi pertama di klasemen sementara dengan perolehan poin yang sama. Mau tak mau, menjadi juara AWSG tahun ini, Timnas Indonesia harus memenangkan pertandingan.

Tak usah muluk-muluk, menang satu gol pun Garuda Indonesia dapat terbang mengangkasa asal jangan sampai menganggu penerbangan domestik dan mancanegara.

Tiga pertandingan dalam kurun waktu enam hari cukup melelahkan bagi para pemain sepak bola. Dengan dua pertandingan sebelumnya memainkan laga becek dan tak ada ojek, tentunya menguras stamina fisik pemain Indonesia yang berlaga sore nanti.

Menurut asisten pelatih Timnas, Bima Sakti, para pemain Indonesia hanya melakukan pemulihan kondisi fisik dengan bermain air di kolam renang hotel tempat timnas menginap. Mungkin sekalian mandi karena kemarin mainnya di becekan.

Tentu saja kolam renangnya bukan yang berkonsep waterboom segala macam. Bisa enggak kelar-kelar mereka berenang. Apalagi kalau sudah selesai kadang minta dibelikan Chiki atau Pop Mie.

Dengan kondisi fisik yang semakin menurun, timnas Indonesia tidak ingin menambah pemain yang didera cidera seperti Gavin Kwan. Makanya, latihan ringan jadi asupan utama buat Ilija Spasojevic dan kawan-kawan.

“Ya, latihan ini untuk memulihkan pikiran juga setelah dua laga berat sebelumnya. Kirgizstan punya materi pemain dan fisik yang bagus. Kami juga harus mengantisipasi skema bola mati mereka,” ucap Bima Sakti, dikutip Kompas. 

Sebuah kado manis ingin diberikan Spaso secara khusus untuk Timnas Indonesia dengan memberikan gelar juara. Siapa tahu bisa kasih gelar meski baru memainkan lima pertandingan mengenakan seragam Garuda di dada.

“Kami tentu mau juara. Saya ingin mengangkat trofi pertama bareng timnas Indonesia, di ‘rumah’ saya yang baru. Namun, yang terpenting adalah semua sehat. Kami sudah kehilangan Gavin karena cedera,” tutur striker berusia 30 tahun itu, dikutip Bola.com.

Kemungkinan terjadi perubahan dalam susunan skema pemain Timnas Indonesia yang diturunkan Luis Milla. Saddil Ramdhani mungkin saja digantikan posisi oleh Septian David Maulana yang kemarin tidak dimainkan. Cedera nya Gavin Kwan posisinya cukup besar akan digantikan Putu Gede Juni Antara.

Kita tunggu saja penampilan timnas yang sebentar lagi akan dimulai yang tak bisa disaksikan di bioskop-bioskop terdekat kesayangan Anda. Cuma bisa ditonton lewat TV swasta paling tua di Indonesia.

Main photo: Liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here