Adidas boleh-boleh saja menjalin kontrak seumur hidup dengan Lionel Messi, mantan pemain terbaik dunia yang katanya bukan berasal dari Planet Bumi. Tapi untuk jaminan tim menjadi juara liga di negaranya masing-masing, Nike juaranya.

Dalam sebuah analisis yang dikemukakan Inside World Football, sebanyak 51,4% juara kompetisi top Eropa mengenakan apparel Nike. Adidas tertinggal cukup jauh yakni 28,5%. Kalau dalam Pilkada, Nike langsung lolos satu putaran. Tak perlu ribut-ribut lagi cari suara dukungan dari paslon lain.

Analisis yang dilakukan oleh Voucher Codes mengambil dari tim-tim juara pada 10 musim terakhir di tujuh kompetisi top benua biru. Mulai dari Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, Seri A Italia, Ligue 1 Prancis, Liga Champions, dan Liga Europa.

Dua raksasa produsen alat olahraga itu masih memimpin pasar. Diikuti oleh Puma dan Umbro di tempat ketiga (5,7%).

Yang menarik, ada satu tim yang sukses menjuarai empat kompetisi, tetapi tiga di antaranya memakai produsen yang berbeda. Klub yang dimaksud adalah Sevilla.

Klub asal Spanyol itu memenangkan empat Liga Europa dalam 10 musim terakhir. Tapi produsennya berbeda-beda. Mulai dari Joma, Warrior, dan terakhir adalah New Balance. Mungkin Sevilla berusaha bagi-bagi rejeki biar berkah.

Football-Kit-Manufacturers-1.4 (1)
Pemetaan tim juara liga dengan sponsor apparelnya. (Inside World Football)

Untuk Liga Champions sendiri masih dipegang Nike dan Adidas. Mereka berbagi sama rata, sama rasa, sama-sama lima.

Namun yang paling mencolok di Seri A, di mana Nike sukses membawa Inter dan Juventus menjuarai Seri A berulang kali sampai pengemarnya bosan. Hanya Milan yang pakai Adidas pada 2010/11 dan Juventus musim lalu yang mulai berpindah ke lain hati.

So, buat kalian yang ingin timnya jadi juara liga, mungkin bisa beri pesan buat klubnya agar memakai Nike. Terutama buat pendukung Arsenal dan Liverpool yang sudah lama banget tidak juara Liga Primer. Kasihan.

Sumber: Inside World Football

Main photo credit: Isenbergmarketing.wordpress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here