Teka-teki masa depan Claudio Marchisio yang tidak ada di halaman belakang koran hari minggu akhirnya terjawab sudah. Setelah berpisah dengan “Si Nyonya Tua” alias Juventus jelang dimulainya awal musim ini, kini pemain asal Italia dikabarkan telah bergabung dengan Zenit St. Petersburg.

Marchisio sebelumnya telah mengabdikan hampir seluruh hidupnya dengan berseragam Juventus. Pemain berusia 32 tahun tersebut telah bergabung dengan akademi sepak bola Juventus sejak tahun 1993.

Bila ditotal, hampir selama 25 tahun ia berseragam hitam putih. Untung saja tidak sampai direkrut Deddy Corbuzier untuk tampil di acara Hitam Putih Trans 7. Hanya satu tahun saja Marchisio tidak membela Juventus yaitu ketika dipinjamkan ke Empoli pada musim 2007/2008.

Pemain yang jago memaki dalam bahasa Italia tersebut memutuskan untuk mengakhiri kontraknya bersama Juventus yang sejatinya baru berakhir pada tahun 2020 nanti.

Performa Marchisio sempat mengalami penurunan dalam dua musim terakhir. Penyebabnya adalah cedera ligamen yang ia derita jelang akhir musim 2015/2016. Pada musim 2017/2018 ia pun hanya bermain sebanyak 20 kali di semua kompetisi.

Andai saja hanya dapat cedera sepele macam kesemutan, tentunya tidak akan begitu menggangu kariernya. Kedatangan gelandang yang lebih muda macam Emre Can serta ketersediaan para gelandang yang lebih bugar lainnya acam Miralem Pjanic, Sami Khedira, dan Blaise Matuidi membuatnya tidak lagi menjadi opsi utama.

Setelah sutup alias putus dengan Juventus, Marchisio sempat dikabarkan akan merapat ke Major League Soccer alias liga Amerika. Namun pada akhirnya ia memutuskan untuk ke Rusia dan bergabung dengan Zenit.

Si Marchisio tampaknya tak peduli dengan ideologi liberal atau kekiri-kirian. Lagi pula, citra MLS sendiri kini sudah macam panti jompo para pemain sepak bola Eropa saja. Tidak ada klub yang pernah lolos Liga Champions juga. Jadi lebih baik main di Eropa.

Atau mungkin ia kecewa sebab pada bulan Juni hingga Juli lalu, batal ikut ke Rusia. Jadi sekarang ia memutuskan untuk ke sana untuk mendapat sedikit euforia. Maklum, Italia absen pada gelaran Piala Dunia 2018 lalu. Marchisio sendiri menjadi pemain Zenit dengan status bebas transfer.

“Claudio Marchisio menandatangani kontrak dengan Zenit. Sang gelandang bergabung dengan status free agent dan telah menandatangani kontrak selama dua tahun,” tulis situs resmi Zenit dikutip dari Detik.

Nantinya, Marchisio akan bergabung bersama sejumlah nama top di dunia sepak bola macam Branislav Ivanovic, Leandro Paredes, dan Yuri Zhirkov.

Sepanjang membela “La Vecchia Signora”, Marchisio telah menyumbangkan 37 gol serta 43 assist dari total 418 penampilan. Pemain yang tingginya tidak sampai tiga meter itu turut memberikan berbagai gelar untuk Juventus. Trofi yang ia persembahkan di antaranya adalah tujuh scudetto, tiga Piala Super Italia, serta Coppa Italia.

Sedangkan bersama timnas Italia, Marchisio mencatatkan sebanyak 55 penampilan dengan catatan lima gol.

Main photo: blackwhitereadallover.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here