Barcelona hanya bisa bermain imbang kala menghadapi Girona. Pada laga yang berakhir imbang 2-2 melawan Girona itu, bek anyar “Blaugrana” yaitu Clement Lenglet mendapatkan kartu merah. Belakangan Sergio Busquets memberikan pernyataan yang membela rekannya.

Hasil kurang menyenangkan diterima Barcelona pada akhir pekan lalu. Pada pertandingan lanjutan La Liga pekan kelima, laju kemenangan Barcelona harus terhenti di tangan Girona, saudara sekotanya sendiri, meski beda bapak-ibu.

Pada empat pertandingan sebelumnya, “El Barca” memang belum pernah berkenalan dengan yang namanya kalah atau imbang. Hasil ini tentu saja merugikan Barca yang kini makin ditempel ketat oleh Real Madrid di klasemen.

Namun kegagalan Barca untuk memetik poin penuh sedikit dibumbui dengan pemberian kartu merah kepada bek mereka yaitu Lenglet yang dilihat dari namanya bukan sejenis serangga.

Lenglet mendapat kartu merah ketika Barcelona sedang unggul 1-0, tepatnya pada menit ke-35.  Akibat kartu merah itu, Barcelona tidak dapat memainkan pemain yang namanya mirip dengan sifat lakban alias lengket itu pada laga selanjutnya.

Sontak saja, wasit lah yang menjadi kambing hitam atas kerugian Barcelona tersebut. Aneh soalnya jika mereka malah menyalahkan ketua umum PSSI atas masalah itu. Bisa-bisa malah dijawab, “Apa urusan Anda bertanya seperti itu?”

Wasit bernama Jesus Gil memberikan kartu merah langsung setelah menilai bahwa Lenglet menyikut pemain Girona bernama Pere Pons. Keputusan tersebut diambil wasit usai melihat tayangan Video Assistant Referee (VAR).

Rekan setim Lenglet yaitu Busquets menilai bahwa kejadian tersebut bukanlah disengaja. Menurut Busquets, apa yang dilakukan oleh Lenglet adalah gerakan reflek dan alami.

“Itu bukan tindakan agresif. Dia tidak sengaja melakukannya. Bahkan pemain Girona meminta maaaf karena dia membuat pelanggaran,” kata Busquets seperti dilansir dari Liputan6.  “Mungkin ada kontak, Anda bisa lihat di fotonya. Tetapi bolanya ada di bawah dan pergerakan Lenglet adalah alami,” ujar Busquets.

Meskipun alami, namun sepertinya cukup berbahaya juga reflek seperti itu. Untung saja bukan pemain Muay Thai si Lenglet, bisa sampai pingsan mungkin kalau kena refleknya.

“Sampai kartu merah, pertandingan berjalan baik untuk kami. Setelah itu, dengan kekurangan satu pemain, ini berjalan semakin sulit terutama ketika kami tertinggal,” ujar Busquets menambahkan.

Sementara itu Sergio Busquets dilaporan akan segera menandatangani kontrak baru di Camp Nou dalam waktu dekat. Kontrak Busquets sendiri sebenarnya baru akan habis apda tahun 2021, namun dengan kontrak baru, dirinya akan bertahan di Camp Nou hingga tahun 2023.

Sejak menembus skuat utama Barcelona di tahun 2008, jebolan akademi La Masia itu selalu menjadi langganan di lini tengah Barcelona hingga saat ini.

Main photo: le10sport.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here