Melihat makin maraknya atlet-atlet Muslimah di kancah perolahragaan membuat Nike tergerak untuk berbuat sesuatu. Peluang bisnis tiba-tiba nongol, bukan sekadar Hijab Store yang banyak di Instagram, tapi Nike serius mengeluarkan produk baru yakni jilbab khusus untuk olahraga.

Terobosan Nike ini patut diacungi jempol. Sebagai salah satu perusahaan apparel besar di dunia ternyata mereka masih peduli dan mau mengakomodir para atlet Muslim wanita untuk menutupi auratnya.

Selama ini, para atlet muslimah mungkin banyak yang risih dengan pakaian olahraga. Belum ada apparel yang mungkin menyediakan produk khusus jilbab.

Memang ada beberapa brand yang sudah pernah memproduksi jilbab sporty seperti Capster dan ReportOn. Tapi baru Nike sebagai perusahaan apparel internasional yang mengeluarkan produk khusus jilbab.

Nike mengaku memutuskan rencana ini dengan sangat hati-hati. Bagaimanapun, Nike merupakan perusahaan dari Amerika Serikat (AS) yang tentu saja kita sama-sama tahu kalau AS bukan negara Islam. Bahkan cenderung rada keras dengan Islam.

Produk bernama “Pro Hijab” ini terinspirasi saat ada salah seorang atlet Muslimah yang berkunjung ke perusaahaan Nike di Beaverton, Oregon AS. Atlet itu merasa kesulitan mengenakan jilbab ketika saat berlaga.

Apalagi, masalah itu juga cukup jadi masalah serius dan sensitif di olahraga. Terutama saat muncul larangan dari panitia penyelenggara Asian Games yang melarang tim putri bola basket Qatar mengenakan jilbab saat bertanding.

Pihak penyelenggara terpaksa melarang tim Qatar karena mereka harus mengikuti aturan pada federasi olahraga internasional masing-masing. Tim Qatar akhirnya mundur dari Asian Games.

Nike kemudian melakukan konsultasi dengan beberapa atlet Muslim di seluruh dunia, termasuk para atlet pelari di Timur Tengah. Akhirnya, Nike memutuskan untuk membuat jilbab yang nyaman bagi atlet perempuan saat mereka tengah berlatih ataupun berlaga di lapangan.

Hasil gambar untuk nike hijab
Ini dia salah satu penampakan produk hijab dari Nike untuk para atlet muslimah. (Source: ABC 7 Chicago)

 

Jilbab ini baru akan dipasarkan pada 2018, konon dirancang untuk membuat olahraga lebih nyaman bagi perempuan Muslim. Jilbab itu dibuat dari bahan kain yang ringan dan memiliki pori-pori untuk udara.

Ukurannya sengaja dirancang panjang sedemikian rupa agar tidak copot saat melakukan kegiatan olahraga. Jelas ini jadi kemudahan bagi para atlet muslimah yang tak perlu repot lagi cari jilbab ke Tanah Abang kalau mau berolahraga.

Nike pun telah menunjuk atlet Uni Emirat Arab, Zahra Lari, menjadi modelnya dan telah dipublikasi di Instagramnya, bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia. Meski namanya Lari, bukan berarti dia atlet atletik yang suka berlari. Melainkan atlet peselancar es.

Congrats, Nike!

Happy international women's day to all you beautiful and strong women out there ❤️❤️

A post shared by Zahra Lari (@zahralari) on

Main photo credit: Newsfirst

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here