Jerman tampil menggemaskan saat melakoni laga coba-coba lawan Austria. Gemas bukan berarti seperti “dedek-dedek gemes” pakai celana pendek banget sampai minta ditabok pahanya. Tapi lantaran mereka kalah 1-2 dari tetangganya itu.

Laga ini memang jadi momen comeback-nya Manuel Neuer yang sudah makan gaji buta berbulan-bulan akibat cedera. Hampil sepanjang musim Neuer cuma duduk manis saja di depan TV karena cedera metatarsal.

Penampilan kiper berbadan semok itu juga terbilang oke punya. Ada dua-tiga peluang mampu digagalkan oleh tangannya yang besar. Namun, buruknya pertahanan Jerman bikin mereka jadi kalah.

Der Panzer” memang sempat unggul duluan saat Mesut Oezil memanfaatkan kesalahan kiper Joerg Siebenhandl yang namanya rada panjang. Maksud hati menyapu bola, malah kasih assist enak buat Oezil. Penghabisannya ditendang placing R2+Kotak oleh Oezil yang matanya rada kubil. 

Jerman sempat membombardir gawang Austria tapi tak ada gol lagi tercipta. Sebaliknya Austria juga memberikan perlawanan. Akhirnya “Das Team” sukses menyamakan kedudukan lewat sebuah golazo yang lumayan bikin fans Jerman terpana.

https://twitter.com/FCBayern/status/1002987907777531904

Tendangan sudut yang dilakukan David Alaba disambut lewat tendangan first time dari sudut sempit oleh pemain yang namanya juga rada panjang, Martin Hinteregger. Bola tendangan Hinteregger melesat tak terkendali, Neuer cuma formalitas saja menggerakkan tangannya seperti patung kucing pemanggil rezeki di toko-toko kelontong.

Para pemain Austria ini memang namanya mirip-mirip pemain Jerman juga. Maklum namanya juga tetanggaan, namanya mirip wajahnya juga banyak yang mirip. Namun, kualitas sepak bolanya jauh berbeda. Meski di laga ini Austria yang jadi pemenangnya.

Gol penentu kemenangan Austria yang pakai baju merah kayak sirup Marjan itu dicetak oleh Alessandro Schoepf pada menit ke-69.

Stefan Leiner dan Schoepf memanfaatkan kacaunya bahtera rumah tangga pertahanan Jerman sehingga dengan mudah bagi Schoepf untuk melakukan tendangan ke gawang yang tak mampu dicegah Neuer meski pakai leher atau giginya sekalipun.

 

Jerman takluk di laga coba-coba ini, jelas bukan hasil yang memuaskan mengingat Piala Dunia sudah tinggal beberapa hari lagi, sama kayak lebaran. Pelatih Joachim Loew tampak marah-marah.

Dia kesal karena permainan timnya tak berkembang di babak kedua. Bahkan mereka banyak tertekan di babak kedua yang akhirnya menerima dua gol Austria.

“Kekalahan ini menjengkelkan buat saya. Jerman tak akan punya kesempatan bersaing di Piala Dunia kalau tampil seperti ini,” kata Loew.

Entah kenapa penampilan Sami Khedira dan kawan-kawan buruk begitu. Bisa jadi karena THR yang belum cair jadinya mereka tak semangat. Mungkin ini bisa jadi masukan buat timnas Jerman.

Main photo: @TeamFA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here