Atalanta mungkin jadi satu-satunya tim yang selalu berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions selama keikutsertaannya di ajang tersebut. Catatan 100 persen kelolosan mereka ke 16 besar dipastikan dengan kemenangan 1-0 atas Ajax Amsterdam.

La Dea” mengukir persentase 100 persen kelolosan ke 16 besar lantaran memang baru dua kali ikut UCL. Ya wajar saja. Coba kalau sudah 30 kali, mungkin catatannya tidak sampai segitu banyak.

Namun, keberhasilan Nerazzuri yang asli ini patut menuai pujian. Mereka membuktikan bahwa Atalanta bukan tim kaleng-kaleng. Bukan sekadar tim medioker yang kebetulan lolos ke Liga Champions.

Musim lalu saja bisa sampai ke perempat final. Bahkan sudah menaruh satu kakinya di semifinal andai tidak kebobolan dua gol menit akhir lawan PSG.

Atalanta sebenarnya butuh hasil seri saja melawan Ajax. Yang penting jangan sampai kalah. Kalau kalah nasibnya juga masih lebih baik dari Nerazzurri yang satu lagi atau Nerazzurri KW. Setidaknya masih ke Liga Europa.

Ternyata Atalanta berani kasih lebihan. Hitung-hitung bonus menjelang Harbolnas. Mereka justru menang 1-0 atas tim kuda hitam Eropa lainnya, Ajax.

Atalanta juga tetap tampil menyerang dan tidak bertahan 100% demi menjaga hasil seri. Mereka tidak sampai memainkan 11 pemain bertahan yang terdiri 1 kiper dan 10 bek.

Pasukan Gian Piero Gasperini itu tetap biasa saja dan tidak lebay. Malah beberapa kali mampu mengancam tuan rumah Ajax.

Sampai akhirnya tiba menit ke-85 di mana Luis Muriel mendapat umpan terobosan rendang dari Remo Freuler yang dimanfaatkan Muriel untuk melewati kiper Andre Onana sebelum diceploskan ke gawang.

Seri saja lolos, apalagi menang. Atalanta pun berhasil mempertahankan keunggulannya sampai akhir laga. Bahkan sampai sekarang.

“Mencapai babak 16 besar lagi merupakan pencapaian yang luar biasa. Musim ini bahkan lebih dari tahun lalu, karena Liverpool dan Ajax adalah dua tim besar,” ujar Gasperini selepas pertandingan dikutip dari laman resmi UEFA, disalin dari Jawapos.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here