Kalau Paulo Dybala belum lama ini memolulerkan selebrasi topeng “Dybala Mask” dengan menutup separo wajahnya dengan tangannya. Lain halnya dengan Pierre-Emerick Aubameyang. Dia pakai topeng beneran.

Ada-ada saja kelakuan striker Borussia Dortmund itu. Mungkin sok-sokan mengikuti gayanya Cristian Carrasco, pemain Persita Tangerang.

Ceritanya saat melawan Schalke di Stadion Veltins Arena kemarin, Aubameyang mencetak gol pada menit ke-52 usai menerima umpan matang banget dari Shinji Kagawa. Saking matangnya, Indomie rebus pakai telur sudah bisa langsung disantap.

Pemain asli Gabon itu langsung berselebrasi dengan lebih dulu menghampiri bench yang kemudian dilemparkan sesuatu. Sesuatu itu bukan susu pakai es batu apalagi lagunya Syahrini, tapi sebuah topeng.

Dia langsung mengenakan topeng seperti tokoh superhero, merayakannya ke tribun suporter Dortmund. Sayang, Schalke tak lama menyamakan kedudukan lewat Thilo Kehrer, pemain yang kurang terkenal di Indonesia.

Aksi topeng itu langsung bikin heboh apalagi di dunia maya. Awalnya, selebrasi itu terlihat menyenangkan dan kelihatan keren. Apalagi, itu bukan pertama kalinya bagi Aubameyang untuk selebrasi pakai topeng.

Dia sebelumnya juga pernah merayakannya jadi seolah sudah jadi ciri khas pemain berambut mohawk itu. Mantannya Milan itu pernah berselebrasi pakai topeng Batman dan Spiderman.

Nyatanya tak cuma dunia maya, manajemen klub juga dibuat heboh. Belakangan, Aubameyang mendapat hukuman denda dari klub. Loh, apa sebabnya?

Jika dikritisi lebih mendalam, kalau perlu pakai 10 daftar pustaka biar kayak tugas kuliah, banyak yang tak mengenal topeng berwarna hitam bergaris merah itu. Topeng apa itu? sepertinya hanya Aubameyang dan Tuhan yang tahu.

Usut punya usut, topeng tersebut ternyata topeng selundupan alias pesan sponsor. Yang bikin KZL pihak klub, yang mensponsori adalah Nike, sponsor pribadinya Aubameyang. Masalahnya, Dortmund disponsori Puma, salah satu pesaingnya Nike.

Garis kilat merah rupanya desain sepatu terbaru dari Nike. Manajemen cukup jeli menemukan misi tersembunyi di balik aksi itu. Ketahuan nih yee..

Puma rupanya komplain dengan aksi tak senonoh tersebut. Akibatnya, Aubameyang pun dipanggil dan belakangan diketahui dikenakan denda.

“Aksi macam itu tidak layak bagi sebuah perusahaan besar. Hubungan bisnis yang lebih serius berbeda dengan hal macam itu,” kata CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, dikutip Liputan6.

 

Belum diketahui apakah Aubameyang akan kapok setelah ini. Tapi, bisa jadi dia akan meneruskan tradisinya dengan bergaya pakai topeng. Masih banyak topeng pahlawan yang bisa dipakai. Contohnya topeng Power Ranger lengkap dengan bibirnya, topeng ondel-ondel, topeng Gatotkaca, sampai topeng karakter Upin-Ipin.

Pelatih Thomas Tuchel pun tak mau ambil pusing. Menurutnya, aksi itu tak perlu dibesar-besarkan kayak kasusnya Jessica yang berlarut-larut itu.

“Kami sudah dikasih tahu sebelumnya kalau dia merencanakan sesuatu jika bikin gol, tapi kami tak tahu apa detailnya. Tentu saja ini membuat segalanya lebih rumit, tapi saya pastikan fokus kami setelah ini adalah sepak bola,” katanya.

Main photo credit: Sportal.co.nz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here