Gareth Bale seperti diketahui mengalami cedera pada jeda internasional lalu saat membela timnas Wales. Namun belakangan timbul sebuah kecurigaan sebab sang agen, Jonathan Barnett, meminta klub untuk tidak memberikan informasi rekam medis Bale ke publik.

Kalau dijadikan film layar lebar, film Bale ini sudah pasti akan berjudul “Ada Apa dengan Bale” atau AADB. Nanti Bale pasti akan membaca puisi tentang cederanya.

Permintaan dari sang agen ini jelas menimbulkan tanda tanya besar. Kenapa harus dirahasiakan. Apakah cederanya kocak macam kuping yang keram akut jadi ia malu jika memberitahunya ke publik?

Atau jangan-jangan cederanya begitu parah hingga akan mempengaruhi masa depan Bale nantinya.

Dalam dua laga terakhir Madrid sendiri Bale tidak berada dalam skuat. Dua laga itu terjadi di Liga Champions dan La Liga. Padahal Bale disebut sebagai salah satu pemain kunci dalam skuat Madrid musim ini meski pada bursa transfer lalu isu kepindahannya cukup kencang berembus.

Namun pihak klub juga tak memberikan informasi atau keterangan terkait cedera yang didapat Bale. Cedera apa yang dialami Bale dan kapan mantan pemain Tottenham Hotspur itu kembali merumput tidak diketahui.

https://twitter.com/goal/status/1184793360818753536?s=20

Menurut laporan yang beredar, Bale memang disebut meminta haknya dalam Hukum Perlindungan Data Pribadi Spanyol agar masalahnya tetap berada di ranah privat.

Kalau dibuka ke publik memang bisa jadi berabe kadang-kadang. Entah jadi gosip, jadi thread di Twitter, atau jadi sumber untuk berita hoax di grup Whatsapp bapak-bapak komplek.

Permasalahan ini lantas ditanggapi oleh sang agen yang membenarkan hal tersebut. “Rekam medis bersifat privat. Bila setiap rekam medis warga bersifat privat, mengapa milik Gareth harus disebarluaskan kepada publik?” ujar Barnett dikutip dari Bola.net.

Pembatasan untuk informasi tentang rekam medis sendiri ternyata memang menjadi hak bagi setiap pemain. Pada undang-undang Spanyol yang tercantum di pasal 22.4 hukum 31/1995, aturannya jelas.

Informasi medis seorang pekerja hanya boleh diakses oleh dokter pribadi dan otoritas kesehatan yang melakukan survei terkait kesehatan mereka. Pemilik perusahaan atau orang lain dilarang untuk menyebar informasi tersebut tanpa mendapat persetujuan dari yang bersangkutan.

Selain cedera Bale yang menimbulkan tanda tanya, masa depannya pun sama. Dilansir Bola.net dari Marca, Bale disebut meminta agennya untuk membuka jalan keluar di bursa transfer musim dingin mendatang.

https://twitter.com/Sporf/status/1185858096717062144?s=20

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here