Manchester United tidak bosan-bosannya menghamburkan uang dengan membeli pemain baru. Pada beberapa bursa transfer belakangan, ada saja yang dibeli mereka. Padahal mereka tidak lantas langsung jadi juara Champions, Premier League, ataupun AFC Cup. Tapi kalau banyak uang mau seperti apa juga bebas-bebas saja.

Kini menyambut musim yang akan datang, MU sudah buru-buru berburu pemain. Mereka secara resmi telah mendapatkan pemain Shahktar Donetsk, bernama Fred. Fred bukan karakter yang ada di film Scooby Doo, tapi seorang gelandang asal Brasil yang ternyata didatangkan dengan ongkos yang tidak sedikit.

Bukan sekadar membiayai ongkos Fred naik angkot dari Donestk ke Manchester, MU harus merogoh kocek dalam-dalam yaitu sebesar 52 juta poundsterling atau sekitar 964 miliar rupiah. Jumlah yang tentunya benar-benar bikin kantong sampai jebol saat merogohnya.

Dalam beberapa pekan terakhir rumor ketertarikan “Setan Merah” terhadap Fred memang telah berembus kencang macam angin musim kemarau. Hingga pada hari Senin kemarin, sang gelandang menyelesaikan tes medis. Fred sendiri akan terikat kontrak dengan MU selama lima musim ke depan.

“Manchester United dengan gembira mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Shakhtar Donetsk untuk transfer Frederico Rodrigues de Paula Santos (Fred),” demikian pernyataan MU di situs resminya dikutip dari Detik.

Entah apakah Fred akan bersinar dan membuat banyak gol jebret atau malah meredup macam lampu warkop. Seperti yang diketahui bahwa pada bursa transfer musim dingin lalu, MU mendatangkan Alexis Sanchez dari Arsenal dengan proses barter. Namun selama setengah musim berada di jalan ‘setan’, Sanchez belum bisa menunjukan performa yang maksimal.

Pemain asal Chile yang berpostur agak bantet mirip kue bolu tak dikasih baking powder itu terlihat kesulitan untuk beradaptasi dengan permainan MU.

Semoga saja tidak terjadi pula dengan Fred. Apalagi Fred baru berusia 25 tahun. Umur seseorang di mana sedang muda, beda, dan berbahaya kalau kata Superman Is Dead. Fred juga pemain yang lumayan serba bisa. Selain jago masak air hingga matang, ia juga bisa berperan ganda. Macam agen-agen di film Hollywood saja.

Bedanya Fred bukan jadi agen ganda seperti agen 1.000 Sunlight dan agen air galon. Ia bisa berperan sebagai gelandang bertahan maupun gelandang serang. Sayang ia tidak bisa menjadi kiper juga. Padahal kalau bisa, sempurna sekali pemain ini.

Kelihaiannya bermain di dua posisi tentunya akan menguntungkan “The Red Devils” yang semakin banyak opsi di lini tengah. Fred sendiri kini tengah bersama timnas Brasil untuk menjalani persiapan Piala Dunia 2018.

Selama bermain untuk Shakhtar, ia selalu jadi andalan sejak bergabung dari Internacional pada 2013. Pada musim ini Fred telah tampil di 37 laga di semua ajang. Bersama tim jawara liga Ukraina itu, ia menorehkan empat gol dan tujuh assist.

 

Main photo: Tribuna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here