Trik-trik half time team talk di ruang ganti tak hanya terjadi di game Football Manager (FM) saja. Trik itu memang benar-benar ada dalam permainan sepak bola. Tentu saja, yang namanya game pasti mengadaptasi dari realitanya.

Hal itu dilakukan Vincenzo Montella saat timnya tertinggal 0-2 dari Torino di babak pertama. Permainan Milan yang menyebalkan bikin Montella geregetan. Dia pun berusaha menyemangati timnya di ruang ganti saat jeda pertandingan. Hasilnya, Milan mampu bangkit di babak kedua dan sukses menahan imbang 2-2.

Dalam permainan FM yang ceritanya kita jadi pelatih sebuah klub sepakbola, komunikasi di ruang ganti menjadi sangat penting dan seringkali mampu mengubah permainan. Ada beberapa gaya yang berusaha menghibur si pemain di ruang ganti, ada juga yang memarahi.

Montella sepertinya melakukan hal yang sama. Namun, mantan pemain Roma itu tak mau memberitahu apa yang dia katakan di ruang ganti. “Saya tidak mau berbicara hal pribadi, jadi apa yang saya katakan tetap ada di ruang ganti,” ujar Montella, sok misterius, berharap dikejar terus.

Bisa jadi, Montella pakai gaya demanding seperti “Expect better in the second half“. Atau bisa juga dia memilih “I know you can do better than this!” yang bergaya encourage. Tapi tak tertutup kemungkinan gaya critical juga dipakai untuk memarahi Gianluigi Donarumma dan kawan-kawan.

Image result for half time team talks football manager
Salah satu bentuk team talk di ruang ganti ala FM. (FM-Base)

Entah gaya apa yang dipakai Montella di ruang ganti, yang pasti Milan dapat terhindar dari kekalahan. Setidaknya hasil seri bisa sedikit menghibur Carlos Bacca dan kawan-kawan. Daripada kalah seperti klub tetangga yang baru ganti logo, lebih baik seri lah.

Main photo credit: Rossoneri Blog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here