Pelatih Milan, Vincenzo Montella, akhirnya mulai merasakan kehebatan teori Herman Heinrich Gossen, seorang ahli ekonomi asal Jerman yang mencetuskan teori batas kepuasan. Teorinya yang terkenal itu dikenal dengan Hukum Gossen I dan II. Tidak ingat? Silakan buka lagi buku paket Ekonomi karya Alam S. terbitan Erlangga.

Hukum Gossen I berisi tentang pemenuhan kebutuhan suatu jenis barang jika dilakukan terus-menerus maka rasa nikmat yang mulanya tinggi, makin lama makin menurun hingga akhirnya mencapai titik jenuh.

Sebagai contoh saat kita haus dan meminum air. Pada gelas pertama berasa sekali puasnya menelan air menghapus dahaga, bagai buka puasa di siang hari. Tapi gelas kedua akan mulai berkurang rasa nikmatnya. Sampai pada gelas kelima mungkin Anda sudah muntah.

Itulah yang dirasakan Montella saat ini. Mantan pelatih Fiorentina itu mulai merasa jenuh dengan perayaan juara Piala Super Italia yang diraihnya pada 23 Desember lalu dengan mengalahkan Juventus. Padahal ya hitungannya hanya piala hiburan saja jatuhnya.

Rupanya, pemain Milan yang sudah lama tak pegang piala ini girang bukan main, kaya bocah melihat odong-odong padahal bedaknya masih cemong. Mereka merayakannya terus menerus bahkan sampai tahun 2017 berjalan delapan hari.

“Selama 10 hari terakhir kami merasakan sensasi dan perayaan yang sangat indah. Tapi, yang saya khawatirkan, saya bosan merayakannya,” ujar Montella, jujur, seperti dilansir Football-Italia. 

Wajar memang, terakhir “I Rossoneri” menjuarai kompetisi saat presiden Indonesia zaman SBY, saat Premium masih Rp 4.500 seliternya. Saat itu Milan memenangkan gelar Seri A pada 2011.

Image result for Milan supercopa
Perayaan juara Milan saat mengalahkan Juventus di Supercopa. (T13.cl)

Mereka hampir saja memegang piala lagi tahun lalu sebelum akhirnya di-PHP Juventus pada final Piala Italia. Itulah kenapa, perhelatan Piala Super menjadi fenomenal bagi Milan, padahal mungkin biasa saja bagi Juventus.

Prestasi itu bak seorang cowok yang baru dapat pacar lagi setelah lima tahun menjomblo, meskipun ceweknya juga tidak cakep-cakep amat, tapi lumayan buat diajak kondangan.

Trofi itu juga bisa meningkatkan kepercayaan diri Milan yang saat ini dihuni para pemain muda. Sebut saja Alessio Romagnoli, Gustavo Gomez, Manuel Locatelli, M’Baye Niang, sampai Gianluigi Donarumma, pemain yang badannya paling gede tapi usianya paling muda.

Milan asuhan Montella memang lumayan memberikan peningkatan grafik. Saat ini tim sekontrakan Inter itu tampil konsisten, bahkan bisa menelanjangi Juve sebagai tim terkuat di Italia sampai dua kali.

Milan saat ini berada di peringkat kelima hasil dari 10 kemenangan, tiga seri, dan empat kekalahan.

Photo credit: Bleacher Report

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here