Serie A akhirnya resmi kembali dimulai pada akhir pekan lalu. Baru pekan pertama, sebuah laga penuh drama terjadi kala Napoli jumpa Fiorentina di Stadio Artemio Franchi. Laga itu sendiri berakhir dengan kemenangan 4-3 Napoli atas tuan rumah.

Laga tersebut sejatinya berjalan dengan sangat seru. Kedua tim saling salip menyalip gol sepanjang pertandingan macam pebalap Moto GP. Sempat tertinggal melalui gol Erick Pulgar di awal babak pertama, Napoli berhasil membalas dua gol sebelum turun minum.

Kedua tim lalu secara teratur dan bergantian mencetak gol di babak kedua. Santun sekali sikapnya mereka yang saling mengantri untuk membobol gawang lawan. Laga akhirnya berakhir dengan skor 4-3 untuk kemenangan tim tamu.

Selain jalannya pertandingan yang seru dan berbalas-balasan gol macam nonton pantun palang pintu Betawi, laga ini juga diwarnai oleh kontroversi keputusan wasit.

Salah satu momen yang paling kontroversial adalah ketika Napoli mendapat penalti di akhir babak pertama, yang menjadi titik balik keunggulan mereka.

Saat itu Dries Mertens yang berada di kotak penalti, tiba-tiba terjatuh dekat seorang pemain Fiorentina yang tengah terjatuh. Tanpa basa-basi, wasit langsung menunjuk titik putih.

Tentu saja hal tersebut menimbulkan protes keras dari para pemain Fiorentina. Sebab Mertens dianggap melakukan akis menyelam alias diving.

Pada tayangan ulang, terlihat benar jelek sekali akting dari Mertens ini. Mau masuk FTV sekelas TVRI saja sepertinya sulit dengan akting semacam itu. Kalah jauh kalau dibading dengan maestro akting lapangan hijau yang bisa masuk nominasi Piala Oscar macam Neymar.

Selain dari gaya jatuhnya yang sangat terlihat, Mertens juga kurang menunjukan efek paska-ditekelnya. Kalau Neymar yang berada dalam posisi tersebut, mungkin ia sudah guling-guling sampai tiga bulan non-stop. Tapi Mertens ini hanya terjatuh kemudian langsung bangkit lagi.

Hal ini membuat Vincenzo Montella mencak-mencak karena tidak terima dengan keputusan wasit tersebut.

“Mertens diving, mengapa tidak seorang pun dari lima orang yang melihat kembali ke rekaman televisi? Cukup untuk berbicara soal menuduh Federico Chiesa sebagai tukang diving, sebab kami benar-benar sudah cukup untuk itu,” ucap Montella dikutip dari Liga Olahraga.

“Satu poin tidak akan mengubah banyak hal, namun ada kemarahan. Benar-benar ada kemarahan sebab sebuah kesalahan bisa terjadi, namun berpikir bahwa ini adalah penalti dan yang lainnya tidak. Tidak, saya tidak bisa terima. Maaf.”

“Wasit mengatakan bahwa dia melihat pelanggaran kepada Mertens dengan jelas. Namun ada VAR, jadi mengapa tidak melihatnya terlebih dulu?” ujar Montella dengan geram.

Kekalahan itu membuat Fiorentina kini berada di peringkat ke-14 klasemen sementara. Sedangkan Napoli bertengger di peringkat kedua.

Main photo: napolicalciolive.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here