Pertandingan pekan lalu boleh jadi adalah mimpi buruk bagi Barcelona yang sudah menanti berakhirnya musim ini dengan tak terkalahkan. Namun kenyataan tak sependapat dengan harapan “El Barca”.

Pada pertandingan pekan ke-37 La Liga, Levante memberikan dua hal yang belum didapatkan Barcelona dari klub lain sepanjang musim ini di La Liga. Pertama adalah mereka diberikan Guard of Honour yang seharusnya juga bisa dilakukan oleh Real Madrid pada pertandingan sebelumnya. Namun musuh bebuyutan mereka itu ogah memberikan tepuk tangan gratis tanpa minimum belanja.

Akhirnya Villarreal dan Levante lah yang memberikan Guard of Honour. Bahkan lebih dari tepuk tangan, Levante memberi bonus kekalahan untuk Barcelona yang belum pernah mendapatkannya di musim ini. Sudah sepantasnya mereka berterima kasih. Pada pertandingan tersebut, Barcelona sempat tertinggal 1-5 sebelum akhirnya memperkecil skor menjadi 4-5.

Kritikan pedas yang tidak ada level-levelnya pun muncul menyusul kekalahan tersebut. Bek anyar Barcelona, Yerry Mina, menjadi sasaran karena performanya. Kalau pun dapat kritikan pedas, lebih baik langsung minum air panas. Konon dapat menghilangkan rasa pedas. Tapi tidak bisa untuk menghilangkan kritikan.

Penampilannya di lini pertahanan dikatakan mengecewakan dan jauh dari harapan.  Salah satu pengamat sepak bola La Liga, Guillem Balague, bahkan mengatakan bahwa sang pemain harus cepat-cepat minggat dari Barcelona.

“Di lini pertahanan, Yerry Mina sangatlah buruk dan ini mengonfirmasi bahwa dirinya harus pergi sebagai pemain pinjaman,” ujar Balague dikutip dari Bola.com.

Pada musim ini Mina memang cuma tampil sesekali saja. Namun untuk urusan bernapas, hampir setiap saat. Sayang sekali kesempatan menjadi starter bersama dengan Thomas Vermaelen justru membuat pertahanan Barcelona sangat rapuh macam opak.

Mina dijadikan kambing hitam walau untungnya tidak sampai dibikin jadi kambing guling. Ia dituding bertanggung jawab atas kekalahan pertama Barcelona di La Liga musim ini. Tetapi pelatih Ernesto Valverde tak membiarkan begitu saja anak buahnya jadi bulan-bulanan. Dia juga tak sampai menyarankan Mina untuk segera minum air panas.

Ia memilih untuk tidak menyalahkan individu, apalagi Mina juga baru datang dari Palmeiras pada tengah musim dan memiliki sedikit waktu untuk beradaptasi.

“Mina? Anda melihat hasilnya. Kami kebobolan beberapa gol dan orang secara tiba-tiba berpikir bahwa para pemain bertahan sedang tampil buruk. Yerry menunjukkan wataknya di beberapa momen dalam laga, sama seperti yang lainnya,” ujar Valverde.

https://twitter.com/TheMasterBucks/status/995755279215091712

Main photo: @detiksportsbola

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here