Piala Dunia 2018/2019 belum dimulai, Gennaro Gattuso sudah sibuk menyiapkan rancangan latihan AC Milan untuk pra-musim. Tidak sekadar menjalani latihan biasa, skuat Milan akan mendapat latihan ekstra dan anti-mainstream.

Mereka bukannya akan mencoba meniru latihan atlet catur, namun Gattuso menyiapkan cara lain dengan menggelar latihan fisik di hutan dan bukit. Untuk diketahui bahwa Milanello, markas latihan mereka, tetap akan jadi tempat utama untuk skuat Milan berlatih. Pada tempat itu disediakan berbagai fasilitas latihan yang tidak akan ditemui di Jungleland.

Selain akan memusatkan latihan di tempat itu, Gattuso mencoba cara lain membentuk fondasi fisik pemain yang bagus untuk skuat Milan. Mereka akan bepergian ke hutan dan bukit macam Dora The Explorer.

Mereka sepertinya akan mendaki gunung dan lewati lembah. Sungai tentunya mengalir indah sampai ke samudera. Selain Dora, pemain Milan juga bisa mengikuti latihan Ninja Hatori.

Tidak disebutkan gunung mana yang bakal jadi tempat latihan “I Rossonerri“. Apakah Gunung Salak, Gunung Pangrango, atau Gunung Krakatau. Banyak gunung-gunung di Indonesia yang bisa dijadikan tempat outbond, namun kadang suka rada angker.

“Saya memiliki ide untuk bisa melakukan 10 sampai 12 hari latihan pramusim di Milanello. Di sini ada bukit, ada hutan juga. Banyak hal menarik yang bisa kami lakukan di sini,” ucap Gattuso yang wajahnya macam preman pelabuhan, seperti dikutip dari Liputan6.

Entah dapat wahyu dari mana hingga Gattuso akan menerapkan metode latihan baru macam itu. Mungkin habis berendam di bawah air terjun selama ini. Ia berharap para pemain mendapat kekuatan fisik dan stamina yang ideal.

Memang musim depan pasti akan menjadi lebih berat bagi AC Milan yang akan menjalani laga di Liga Europa. Itu juga kalau jadi. Sebab kini mereka sedang H2C alias harap-harap cemas menanti keputusan yang akan dijatuhkan oleh UEFA.

“Yang penting adalah kami bisa menaruh kekuatan di kaki karena itu akan sangat penting untuk kami sepanjang musim yang panjang,” ujar Gattuso.

Namun bukan hanya soal rencana latihan pra-musim. Pelatih berwajah ganteng kasar itu  juga mengatakan sudah menyiapkan rencana terkait formasi yang sering ia gunakan di musim depan.

Tentu lah masih sama seperti formasi sepak bola pada umumnya, bukan mengikuti formasi migrasi burung yang berbentuk V. Gattuso bakal menjadikan formasi dengan empat bek sebagai pilihan utama.

Dengan bermain menggunakan empat bek, Alessio Romagnoli dan Leonardo Bonucci akan diplot sebagai bek tengah. Sedangkan Gianluigi Donnarumma tetap akan menjadi kiper. Donnarumma tampak belum bisa dijadikan bek sayap.

“Kami akan mempelajari pergerakan dengan empat pemain belakang sejak awal, lalu dalam beberapa situasi kami akan mengubahnya dengan tiga pemain. Di lini tengah bisa dengan tiga atau empat pemain. Saya pikir itu akan menjadi penting bagi kami bisa bekerja dengan banyak formasi,” tandasnya.

Main photo: stadiumastro.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here