Kiper Roma yang namanya susah disebut dan malas buat ditulis, Wojciech Szczesny (baca: Cesny), menjalani musim yang fantastis. Namun, Szczseny enggan jika disejajarkan dengan Gianluigi Buffon, kiper nomor satu di Italia pada zaman era modern ini.

Sczesny memang tampil keren musim ini bersama “I Giallorossi“. Dari 37 laga di segala kompetisi musim ini, pemain berusia 27 tahun itu sukses menjaga keperjakaan gawangnya sebanyak 14 pertandingan.

Beberapa aksi penyelamatannya bikin nafas suporter Roma jadi lega. Tidak jadi merana gara-gara bola berada di gawangnya. Kalau mau lihat aksi-aksinya bisa lihat sendiri di Youtube. Ada banyak video tentang Szczsny musim ini.

Meski begitu, Szceszny tidak mau jika disejajarkan dengan Buffon. Kalau disejajarkan, Sczezsney memang masih lebih tinggi dari Buffon. Tingginya mencapai 196 cm, sedangkan opa Buffon hanya 191 cm.

Tapi itu bicara fisik. Kalau bicara kualitas juga masih jauh. Meski beda usia sampai 12 tahun, yang satu generasi X sedangkan satunya lagi generasi milenial senior, kualitas Buffon masih tetap nomor satu.

Walau sudah tua dan bangkotan, Buffon tetap piawai dalam menjaga gawangnya sendiri, bukan gawang lawan. Dia membantu Juventus melangkah ke final Liga Champions dan sebentar lagi meraih Scudetto keenam secara beruntun.

Itulah mengapa, Chesney tidak berani jika disejajarkan dengan kiper legend yang sudah setua itu masih belum meraih trofi Liga Champions. Bukan hanya sebagai kiper saja, tetapi sebagai pria juga masih jauh dari Buffon.

Kiper Juventus itu memang dikenal sebagai pribadi yang ramah, selalu menyapa, memeluk, sampai mencium lawan tanpa ada rasa di hati. Bahkan tidak pernah terdengar Buffon berbuat ulah di lapangan, entah karena mengejek lawan atau berantem satu lawan satu.

Andai Buffon suka membantu nenek menyebrang dan rajin menyiram tanaman, mungkin akan semakin sempurna lagi jadi seorang pria. Walau ada isu soal perselingkuhan yang mengakibatkan perceraian dengan Alena Seredova, tetap tak menghalangi Scznesny buat memujinya sebagai seorang laki fearless, tanding kalau sebanding.

“Saya tak pernah membandingkan diri saya dengan Buffon, baik sebagai pria maupun sebagai kiper. Saya tak pernah menyatakan itu. Tidak,” ujar Sszzsney.

Lebih lanjut, mantannya Arsenal itu menambahkan. “Apakah saya kiper terbaik saat ini? Itu pertanyaan besar karena ada kiper yang berada di level yang luar biasa saat ini.”

Main photo credit: Eurosport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here