Kabar bahagia datang bagi sepak bola Indonesia yang tidak kalah heboh dari berita ‘Lex Muda’ yang dipukuli fans K-POP garis keras. “Garuda Muda” berhasil melibas negara tetangga Malaysia, pada semi final Piala AFF U-16. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Indonesia menang 1-0 atas Malaysia.

Walau cuma menang tipis setipis kulit bawang, tapi judulnya tetap menang dan melangkah ke final. Memang percuma, mau menang 1-0 atau 18-0 tidak ada bedanya. Tetap akan ke final-final juga.

Meski sukses ke puncak, timnas tidak akan ditunggu oleh mamang-mamang ‘villa’ yang biasanya mengarahkan senter kepada pengendara yang lewat dan memakai kupluk. Pada partai puncak, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand yang sukses mengandaskan perlawanan Myanmar dengan skor 1-0.

Keberhasilan ini menjadi yang kedua bagi Indonesia setelah tahun 2013. Namun pada waktu itu Indonesia harus takluk di partai puncak karena kalah adu penalti oleh Malaysia.

Bagus Kahfi yang menjadi top skor sementara Piala AFF U-16 kembali menambah pundi-pundi golnya. Tambahan satu gol melalui titik putih tersebut membuatnya makin sulit dikejar oleh para pesaing di daftar top skor. Sekalipun dikejar warga sekampung dan hansip sekitar sepertinya juga tidak bakal keuber.

Saat ini Bagus yang kalau namanya dibalik jadi ‘sugaB’ itu sudah mencetak 12 gol. Ia masih memimpin daftar top skor dengan selisih sembilan gol atas pesaing terdekat. Hanya penyerang Myanmar yaitu Naung Naung Soe yang membuat tiga gol.

Andai bisa mencetak triple hattrick alias sembilan gol pada perbutan tempat ketiga melawan Malaysia, maka Naung Soe baru bisa menyamai jumlah gol milik Bagus.

Jalannya laga sejatinya berjalan lumayan sulit bagi Indonesia. Indonesia yang tidak mengincar bermain imbang atau kalah, menurunkan skuat terbaiknya.

Formasi 4-3-3 dipilih pelatih Fakhri Husnaini dibanding formasi macam 1-2-7 atau 8-1-1. Bagus Kahfi tetap menjadi ujung tombak yang diapit dua penyerang lain yaitu Supriadi dan Fajar Fathur.

Permainan cepat dan ofensif yang diperagakan membuat Malaysia lebih banyak bertahan di babak pertama. Indonesia pun mendominasi jalannya babak pertama dengan berbagai peluang yang bisa membuat jantung penggemar Malaysia deg-deg serr melihatnya.

Apalagi, publik Indonesia tadi malam juga sedang menunggu siapa cawapres dari Jokowi dan Prabowo. Jadi double hit combo lah itu deg-degannya.

Sebuah peluang membahayakan terjadi ketika Supriadi memanfaatkan umpan datar dari Bagus Kahfi. Sayang tembakan Supriadi dari dalam kotak penalti bisa ditepis tiang gawang Malaysia tanpa menggunakan sarung tangan. Meskipun tidak gol, setidaknya kalau sedang main PES lumayan bisa membuat lawan ketir karena joystick-nya bergetar.

Malaysia yang disiplin dalam bertahan membuat Indonesia kesulitan untuk mencetak gol. Namun usaha Indonesia yang tak kunjung henti itu baru berbuah manis di babak kedua. Pergerakan berbahaya Supriadi di dalam kotak penalti, membuatnya harus dilanggar oleh kiper Al Amri.

Melalui titik putih, Bagus Kahfi tidak menyia-nyiakan kesempatan menjadi eksekutor. Meski tendangannya dapat dibaca dengan baik tanpa harus mengeja, namun Al Amri gagal menahan sepakan Bagus tersebut. Hingga laga berakhir, kedudukan 1-0 tetap bertahan untuk kemenangan Indonesia.

Pelatih Fakhri Husnaini mengatakan bahwa Indonesia memang layak menang pada laga ini karena memang mendominasi pertandingan. “Kami memang layak untuk menang di pertandingan malam ini. Kami mendominasi pertandingan, kami memiliki beberapa peluang,” kata Fakhri dikutip dari Detik.

Ia juga mengakui Malaysia bermain cukup baik dan tidak mudah terpancing untuk bermain terbuka. Memang bahaya kalau main asal buka saja, bisa-bisa ‘warung’-nya dilihat banyak orang dan dimasukkan ke Youtube. Sebaliknya, mereka cukup merepotkan beberapa kali ketika melakukan serangan balik.

“Ini pertandingan yang ketat. Saya berharap Malaysia bermain terbuka, tapi ternyata mereka memang berusaha untuk main aman. Mereka bertahan dengan cukup baik, mereka mencoba untuk memanfaatkan momen-momen counter attack,” jelasnya.

Main photo: indowarta.com

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here