Paris Saint Germain (PSG) belum lama ini meluncurkan sebuah aplikasi Fansparc kepada para penggemar setianya untuk merasakan langsung suasana keriuhan Stadion Parc de Princes. Melalui aplikasi ini, fan PSG khususnya di Indonesia dan Vanuatu tidak perlu jauh-jauh datang ke Paris untuk menikmati markas tim ibukota itu.

PSG memang ingin memanjakan para fan yang belum sempat atau belum mampu alias tidak punya uang untuk datang ke Parc de Princes. Ya, selain mahal dan perlu ongkos, Paris terletak 11.426 kilometer dari Jakarta sehingga hampir tidak memungkinkan untuk menggunakan jasa Gojek, GrabBike, apalagi odong-odong. Andrea Hirata saja butuh waktu lebih dari 20 tahun untuk bisa ke Paris.

 

Tampilan aplikasi Fansparc. Sumber: insideworldfootball.com
Tampilan aplikasi Fansparc. Sumber: insideworldfootball.com

Melalui Fansparc, pengguna dapat menjelajahi stadion secara virtual 3D dengan 11 sudut pandang yang berbeda. Aplikasi itu juga memungkinkan pengguna melakukan personalisasi avatar hingga membahas kemajuan dan kemunduran PSG via Chat Room.

Yang paling menarik, PSG juga merekam seluruh nyanyian (chant) suporter akamsi setempat sehingga fan PSG bisa ikut mendengar atau menyanyikan chant, asalkan tahu liriknya. Maklum, berhubung PSG dari Paris maka tidak mungkin chant-nya berbahasa Sunda.

PSG menjadi klub sepakbola pertama yang meluncurkan aplikasi yang komprehensif seperti ini bekerja sama dengan Pacifa Decision. Selain untuk memanjakan fan, tentu klub tajir itu sudah memperhitungkan keuntungan dari aplikasi ini.

Suasana ruang ganti PSG, terasa asli. Sumber: juara.net
Suasana ruang ganti PSG, terasa asli. Sumber: juara.net

Seperti dikutip juara.net, Fansparc juga memberikan informasi terupdate mengenai “Les Parisiens yang tersaji via akun Twitter dan situs resmi PSG. Para fan dapat melihat peringkat PSG yang saat ini lagi berada di posisi keempat sambil harap-harap cemas. Sebuah hal yang jarang ditemukan dalam beberapa tahun terakhir.

Para fan dapat melihat jadwal, hasil pertandingan, live commentary, hingga statistik pertandingan. Aplikasi Fansparc juga menyajikan fitur permainan di mana pengguna dapat menjadi salah satu pemain PSG, seperti Alphonse Areola, Christopher Nkunku, atau Hervin Ongenda misalnya.

Cocok untuk Jomblo

Aplikasi yang ditawarkan merupakan paket lengkap spesial dua telur. Ini artinya, fan PSG dapat merasakan kehebohan Parc de Princes cukup dari kamar mandi sambil melakukan sesuatu yang mengasyikan. Bisa juga untuk membunuh rasa kesepian bagi para jomblo saat menikmati malam minggunya sendirian. Daripada termenung memandangi langit-langit kamar sambil melamun jorok, fan jomblo bisa eksplorasi lebih jauh aplikasi Fansparc.

Namun, untuk saat ini Fansparc baru diluncurkan untuk pengguna iPad. PSG berencana menyediakan aplikasi mereka di smartphone pada akhir 2016.

Tertarik untuk mencoba?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here