Musim depan, Barcelona bakal punya sponsor baru di dadanya. Bukan lagi Qatar Airways, perusahaan maskapai penerbangan yang erat kaitannya dengan pesawat terbang, bukan ojek online. Sponsor baru tersebut adalah Rakuten.

Kesepakatan itu sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu. “Blaugrana” akan mendapat bayaran 55 juta euro (setara Rp 782 miliar) per tahun dari Rakuten. Jumlah itu membuat Barca mengalahkan Manchester United (MU) untuk menjadi klub dengan bayaran terbesar dari sponsor utama.

Sekadar info, MU memiliki kontrak dengan Chevrolet hingga 2021, mendapatkan 54 juta euro per tahun. Sementara rival abadi yang selamanya, Real Madrid, hanya mendapat 30 juta euro per tahun dari Fly Emirates.

Sepintas mendengar namanya Rakuten seperti nama-nama game online. Namun sejatinya Rakuten adalah perusahaan e-commerce, komunikasi digital, dan layanan Fin Tech asal Jepang. Mungkin kalau di Indonesia semacam Tokopedia dan Bukalapak.

Rakuten didirikan di Jepang pada tahun 1997, menawarkan berbagai layanan untuk konsumen dan bisnis dengan fokus pada e-commerce, keuangan, dan konten digital. Sejak tahun 2012, Rakuten telah berada di dalam 20 perusahaan paling inovatif, pilihan majalah Forbes.

Rakuten Group bahkan memiliki sekitar 40 bisnis dan layanan seperti yang sudah disebutkan tadi. Untuk e-commerce-nya, ada 95 juta produk dari sekitar 40 ribu pedagang ada di Rakuten Ichiba.

Dengan masuknya Rakuten tentu akan membawa Barcelona menjadi lebih digital. Apalagi zaman sekarang sudah zamannya anak milenial yang hobi banget main gadget. Anak usia dua tahun saja sudah gemar nonton Youtube.

Rakuten akan memberikan dukungan kepada pada fans Barcelona dengan keunggulan teknologi perusahaan dalam pengiriman pesan, drone, e-commerce, dan banyak lagi. Inisiatif ini menjadi sumber daya menarik bagi Rakuten.

“Perjanjian ini menempatkan kami di garis depan kemitraan klub olahraga, yang selalu menjadi tujuan dari dewan direksi saat ini. Kami berharap kerjasama antara Rakuten dan FC Barcelona akan memberikan kami kesuksesan bersama dan membantu Klub untuk mencapai tujuan ini menjadi referensi di seluruh dunia,” ujar Presiden Barca, Josep Bartomeu.

https://twitter.com/moelhoej/status/870744172499795968

Main photo: Kilas Barca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here