Barcelona sukses melangkah ke final Piala Super Spanyol usai menundukkan Real Sociedad melalui babak adu penalti. Adu penalti terpaksa dilakukan setelah pada waktu normal mereka berdua berbagi skor sama adil sama rata sama rasa, 1-1.

Berhubung waktu normal ini seri, maka tidak bisa dilanjutkan terus-terusan sampai adzan magrib. Harus ada pemenangnya dalam batasan waktu tertentu. Makanya ditentukan lewat adu penalti.

Frenkie De Jong membawa Barca unggul lewat sebuah sundulan dadakan. Umpan Antoine Griezmann yang begitu deras tampak tertabrak mendadak oleh wajah De Jong. Untung saja De Jong reflek untuk membelokkannya ke gawang alhasil gol pun tercipta.

Di babak kedua, De Jong membuktikan diri status “From Hero to Zero” setelah dia melakukan handball di kotak penalti. Wasit lalu memberikan voucher kepada Sociedad yang diselesaikan Mikel Oryazabal.

Bukan cuma itu saja, De Jong juga gagal mengeksekusi penalti di babak adu penalti. Dia menjadi algojo penendang pertama tapi malah dikenakan ke tiang. Ada-ada saja kelakukan.

Barca mesti berterima kasih kepada Marc-Andre Ter Stegen yang banyak melakukan penyelamatan di laga ini. Tercatat sampai enam kali. Ditambah dua penyelamatan di babak adu penalti hingga membuat fans Barca merasa bersyukur gawang dikawal olehnya.

Andai dikawal Loris Karius atau Kepa Arrizzabalaga, belum tentu Barca mencapai titik ini.

Pelatih Ronald Koeman sangat senang dan bersyukur dengan pencapaian timnya melaju ke final Piala Super. Mulai musim ini, Piala Super Spanyol memang diikuti empat tim. Dua peringkat teratas La Liga dan finalis Copa del Rey. Satu laga lain akan mempertemukan Real Madrid dengan Athletic Bilbao.

“Saya bangga dengan tim ini. Kami memiliki banyak pemain cedera tetapi mereka yang menggantikannya tetap bisa memberikan penampilan terbaik,” ujar Ronald Koeman.

Meski bersyukur, Barca dilaporkan tidak sampai menggelar syukuran. Mereka tetap latihan seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here