Kita semua pasti pernah yang namanya tersedak atau keselek makanan. Mulai dari tersedak nasi, sambal, daging, sayur, bakso tenis, sampai kenangan masa lalu. Namun, tidak semua orang pernah mengalami tersedak lidah sendiri. Bagaimana bisa?

Tentu bisa. Fenomena ini namanya Tounge Swallowing atau tertelan lidah sendiri, seperti yang dialami Fernando Torres beberapa waktu lalu. Di sana bukan berarti lidah kita tertelan masuk semua ke dalam perut lalu kenyang. Tapi tergelincirnya bagian belakang lindah terhadap faring (hulu kerongkongan) yang bisa mencekik dan menyumbat pernapasan.

Kondisi tersebut biasanya terjadi pada saat tak sadarkan diri seperti pingsan. Apalagi jika pingsan melihat pasangannya selingkuh. Sudah nyesek, pingsan, bawaannya ingin sekalian mati saja.

Ketika seseorang tak sadarkan diri, otot-otot mereka meregang. Begitu juga dengan lidah yang dapat memblok jalur pernapasan. Kelihatannya sepele, tapi jika didiamkan bisa terjadi kematian karena menyumbat napasnya si orang yang pingsan tadi.

Hal inilah yang terjadi pada Torres pekan kemarin. Torres mendapat benturan keras dari pemain Deportivo La Coruna yang diduga sudah pingsan saat masih di udara. Akibatnya, Torres jatuh nyungsep kepala duluan kayak anak bayi jatuh dari tempat tidur.

BACA INI JUGA DONG: Torres: It’s Oke Wae, Aku Rapopo

Adalah Gabi dan Sime Vrsaljko yang memberikan pertolongan pertama untuk menggeser lidah Torres dengan mencegah tertelannya lidah. Aksi ini ramai dan menjadi viral di media-media mainstream. 

Yang bikin jadi viral, ternyata bukan Torres saja yang mengalami nasib serupa. Tetapi juga baru saja terjadi di Liga Ceko saat Francis Kone menyelamatkan kiper lawannya, Martin Bekovec. Sesama rekan seprofesi dan sebangsa manusia memang sudah sewajibnya saling menolong.

Kone tahu persis pertolongan pertama yang harus dilakukan. Meski rada sulit, tapi akhirnya lidah yang nakal itu berhasil dikeluarkan. Sampai badannya dimiringkan segala.

Ada banyak lagi kejadian-kejadian macam itu di sepak bola. Seperti John Terry bek berkelas Chelsea yang kini masih di Chelsea. Pada final Piala Carling 2007, Abou Diaby bermaksud menyapu bola tapi apa daya kakinya yang kurang mulus itu mendarat di wajah Terry tanpa Putri. Terry langsung setengah kejang dan pingsan. Sebelum akhirnya ditolong sang penolong.

Pernah juga terjadi pada Oleg Gusev, kapten Dinamo Kiev, yang diselamatkan oleh Jaba Kankava, pemain Dnipro Dnipropetrovsk, yang namanya susah dieja. Kankava berhasil menyelamatkan Gusev tetapi tangannya tergigit dengan keras oleh Gusev.

Pertanyaannya apa yang bisa dilakukan jika lidah sendiri tertelan? Jawabannya hanya berdoa dan istighar agar Tuhan masih menyayangi Anda untuk hidup di dunia yang sementara ini.

Main photo credit: Goal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here