Nama Mohamed Salah resmi tercatat pada daftar skuat timnas Mesir yang akan mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. Namun keputusan untuk ikut dalam skuat atau tidak disebut tetap berada di tangan Mo.

Seperti diketahui ajang tertinggi dunia olahraga yang digelar empat tahunan akan diselenggarakan pada tahun 2020 ini di Tokyo. Seperti yang sudah-sudah, tidak ada lomba catur jawa atau adu suit.

Sepak bola jadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Olimpiade sendiri memainkan para pemain U-23 dari berbagai negara.

Walau demikian, pemain di atas usia 23 bisa diikutsertakan dengan jumlah yang terbatas. BIar jadi abang-abangan yang mendampingi pemain muda tentunya.

Mesir baru-baru ini mengeluarkan daftar skuat provisional yang akan dibawa ke ajang pesta olahraga dunia itu. Dari 50 nama yang didaftarkan, ada tiga pemain senior dan salah satunya adalah Salah.

Kehadiran Salah tentu diharapkan oleh pelatih Mesir U-23, Shawky Gharib, karena dia bisa membimbing skuat yang mayoritas berisi pemain muda tersebut. Tampil di Olimpiade tentu akan mempercantik CV dari Salah setelah main di Piala Dunia dan Piala Afrika.

Namun masalah lain yang timbul, apakah Liverpool mau mengizinkan Salah tampil di Olimpiade. Pasalnya Olimpiade dihelat 22 Juli hingga 8 Agustus. Itu artinya waktu libur Salah akan terpotong dan akan absen di pekan-pekan awal.

Liverpool sendiri disebut kemungkinan tak menginginkan hal tersebut. Sebab Salah dipastikan mengikuti Piala Afrika di bulan Januari tahun depan.

Liverpool sudah pasti ingin menjaga kondisi para pemainnya terutama para pemain depan. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan ke-tubiran antara klub dan timnas seperti yang pernah terjadi.

Apalagi hubungan Salah dan Federasi Sepakbola Mesir beberapa waktu lalu juga sempat memanas. Terkait pemanggilan Salah, Shawky Gharib menyerahkan keputusan akhir kepada Salah dan Liverpool.

“Apakah Salah bakal tampil bersama timnas di Tokyo, keputusannya ada di tangan dia, Liverpool, dan manajer Juergen Klopp,” ujar Gharib seperti dikutip ESPN.

“Kami tidak akan memaksa Salah untuk tampil bersama kami. Aturan FIFA tidak mengharuskannya tampil,” sambungnya.

https://twitter.com/SamueILFC/status/1225800076754345984?s=20

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here