Pelatih Valencia, Marcelino, resmi terkena PHK dari klub pada awal musim ini. Perselisihan dengan pemilik klub, Peter Lim, disebut jadi penyebabnya.

“Valencia memberi tahu Marcelino Garcia Toral pada hari Rabu bahwa dia tidak lagi jadi pelatih tim utama,” demikian bunyi pernyataan Valencia seperti dilansir Detik dari ESPN FC.

“Klub ingin berterima kasih atas kerja dan dedikasinya selama bekerja bersama kami dan mendoakan kesuksesan untuknya di masa depan.”

Padahal rekam jejak Marcelino saat menangani tim berlambang ‘kampret’ terbilang bagus. Ditunjuk jadi pelatih pada bulan Mei 2017, Marcelino yang bukan suami dari Dewi Rezer itu membawa Valencia bisa berakhir di peringkat empat klasemen akhir.

Sayang pada musim 2018/2019 lalu, Marcelino sempat mendapat sorotan karena tak mampu membawa Valencia menunjukan performa yang bagus.

Meski demikian seiring dengan berjalannya musim, keputusan “Los Che” untuk mempertahankannya akhirnya tidak sia-sia.

Marcelino membawa Valencia menjuarai Copa del Rey dengan mengalahkan Barcelona dan merebut tiket Liga Champions dengan finis di empat besar.

Musim ini sendiri sejatinya berjalan tidak terlalu buruk. Dari tiga laga La Liga yang dijalani Valencia, mereka mampu meraih tiga poin hasil dari satu kali imbang dan satu kemenangan.

Tapi hal tersebut tak menjadi jaminan posisi Marcelino aman di kursi kepelatihan. Justru konflik dengan pemilik klub, Peter Lim, yang merupakan seorang pebisnis asal Singapura, yang menjadi penyebabnya. Kena PHK si Marcelino. Entah dapat pesangon atau tidak.

Peter Lim disebut suka mencampuri masalah tim. Mulai dari perekrutan pemain hingga siapa yang harus mengisi line-up. Cukup BM sepertinya dia alias banyak mau.

Kegagalan Valencia dalam mendatangkan Rafinha dan Denis Suarez juga disebut sebagai salah satu pemicu konflik antara Marcelino dan manajemen.

Meski Marcelino bersikeras mendatangkan kedua pemain tersebut, tapi manajemen tak mampu untuk mewujudkannya. Peter Lim disebut enggan menggelontorkan dana untuk mendatangkan dua pemain tersebut.

Untuk menggantikan Marcelino, Valencia mengangkat mantan pelatih Spanyol U-21, Albert Celades. Ia dikontrak dengan durasi dua tahun atau hingga 30 Juni 2021.

Dalam dua laga selanjunya Valencia akan menjalani pertandinga sulit kontra Barcelona di La Liga serta Chelsea di Liga Champions.

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here