Striker asal Kroasia, Mario Mandzukic, telah memperpanjang kontraknya bersama Juventus. Pemain berusia 31 tahun itu memperpanjang masa baktinya hingga 2020, ketika usianya mencapai 34 tahun. Artinya, dia akan berada di J-Stadium sampai menjelang masa puber kedua.

Mandzukic yang kalau nama Betawinya, Marzuki, memang memberikan kontribusi cukup besar bagi “I Bianconeri” selama dua musim terakhir. Gol yang dia cetak memang tak sebanyak Gonzalo Higuain atau Paulo Dybala.

Musim ini, mantan cintanya Bayern Muenchen dan Atletico Madrid itu hanya mencetak 10 gol di segala kompetisi. Total selama dua musim hanya 23 gol. Kalah sama Higuain yang musim ini saja sudah mencetak 32 gol.

Namun, perannya sungguh luar biasa. Musim ini, posisinya sebagai ujung tombak telah digeser Higuain. Dia pun mengungsi jadi penyerang sayap, sebuah anomali karena pemain seperti Mandzukic tidak cocok jadi penyerang sayap.

Biasanya, penyerang sayap berpostur mungil atau kurus, mainnya lincah, larinya kencang kayak banci dikejar Satpol PP, dribble-nya pun oke punya, umpan silang mumpuni, meski tak pengaruh wajahnya ganteng atau tidak. Sedangkan Mandzukic, posturnya kutilang darat alias kurus, tinggi, langsing, dada rata.

Larinya juga lamban, mungkin masih lebih cepat ibu-ibu naik Mio. Dribble-nya kadang bagus, kadang enggak, umpannya juga kadang-kadang. Namun, ternyata Mandzukic tetap tangguh di posisi tersebut.

https://twitter.com/CN_Bianconeri/status/866461214884245504

Dia sejatinya bukan penyerang sayap, tapi perannya adalah wide targetman, atau ujung tombak yang bermain melebar. Biasanya buat memecah belah konsentrasi lawan biar bingung mau jaga siapa.

Selain itu juga bisa jadi tembok karena posturnya yang tinggi dan selalu menang dalam duel udara. Alhasil, bek kiri Alex Sandro tugasnya jadi lebih mudah dalam menguasai bola.

Pelatih Massimilliano Allegri pun selalu memainkannya dalam 48 laga di semua kompetisi. Bahkan, ada hal menarik dari Mandzukic ini.

Tiap dia mencetak gol, Juve selalu memetik kemenangan. Enggak pernah seri apalagi kalah. Entah kebetulan atau tidak, tapi faktanya demikian. Mandzukic telah mencetak gol pada 21 pertandingan, totalnya 22 gol. Semuanya berakhir kemenangan.

Yang jelas, Mandzukic sangat senang mendapat apresiasi semacam ini dari kantornya. “Saya sangat senang dan bangga bisa melanjutkan petualangan saya bersama Juventus. Saya akan berikan segalanya buat kostum ini,” ujar Mandzukic lewat akun Twitternya bernama @MarioMandzukic9.

https://twitter.com/Squawka/status/866164905459806208

Main photo credit: Squawka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here