Brasil sukses melangkah ke babak semi final Copa America setelah menang di laga delapan besar kontra Paraguay. Pada laga yang digelar di Arena do Gremio, “Selecao” dipastikan lolos setelah menang tos-tosan.

Laga ini sejatinya mudah bagi Brasil yang lebih diunggulkan. Secara kualitas memang pemain Brasil ini hampir semuanya adalah bintang-bintang top klub Eropa. Dibanding Paraguay yang pemain-pemainnya bahkan mungkin tidak ada foto wajahnya di PES atau FIFA.

Belum lagi Brasil juga bermain di kandang sendiri dengan dukungan ribuan fansnya yang memenuhi seisi stadion. Malu tentunya kalau kalah di kandang sendiri karena cuma Brasil satu-satunya tim di Copa America 2019 yang punya laga home.

Enaknya jadi tuan rumah juga banyak. Kalau kalah pun tidak perlu repot-repot pulang kampung. Selain itu, Paraguay juga merupakan tim yang lolos ke delapan besar lewat jalur prestasi alias peringkat ketiga terbaik. Benar-benar untung-untungan lolos seperti itu. Hanya modal dua poin soalnya.

Namun nyatanya laga lebih sulit daripada yang kita bayangkan bahkan Roy Kiyoshi bayangkan. Brasil cukup kesulitan untuk mencetak gol kendati memegang penuh kendali permainan.

Pada 10 menit pertama, kedua tim masih tawar-menawar serangan. Tapi tidak ada yang mau beli. Tidak ada peluang yang begitu mengancam dari Brasil ataupun Paraguay.

https://twitter.com/_maneesh10_/status/1144442710369042433

Paraguay justru hampir membobol gawang Brasil di menit ke-29. Derlis Gonzalez yang mendapat bola di depan kotak penalti. Beruntung Alisson Becker mampu menahanya dengan tangan. Kalau dia mau gaya-gayaan menepis dengan tengkuk, mungkin bisa jadi gol.

Brasil benar-benar mendominasi penguasaan bola di sisa waktu babak pertama, tapi tak kunjung ada gol yang tercipta.

Pada babak kedua Brasil makin diuntungkan setelah Fabian Balbuena diberikan kartu merah secara gratis tanpa potongan pajak pemenang oleh wasit. Balbuena diusir setelah melanggar Roberto Firmino di depan kotak penalti.

Total hingga 26 tembakan yang dilepaskan Brasil sepanjang laga berbanding lima milik Paraguay. Namun tak ada satupun gol yang tercipta selama 90 menit.

Setelah tidak ada gol yang tercipta, pertandingan tidak dilanjutkan dengan adu suit melainkan ‘tos-tosan’. Bukan adu keren-kerenan tos-tosan yang dimaksud melainkan adu penalti tanpa diadakan babak tambahan.

Alisson berhasil menjadi pahlawan setelah menepis tendangan pertama Paraguay. Dua penendang Brasil selanjutnya mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Begitu pula dengan dua penendang Paraguay. Skor 3-2 untuk Brasil. Rodrigo Rojas mampu membuat skor menjadi 3-3 setelah tendangannya gagal dihalau Alisson.

Laga jadi tambah greget dan bikin deg-degan setelah Firmino gagal mengeksekusi penalti. Tendangannya mampu ditepis papan sponsor. Tapi Derlis Gonzalez juga tak mau kalah dari Firmino dengan menendang ke arah samping gawang.

Gabriel Jesus yang jenggotnya segaris macam Onci Ungu berhasil menjadi penentu kemenangan Brasil 4-3 setelah sukses mengeksekusi penalti. Brasil berhak lolos ke babak semifinal.

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here