Arsenal akhirnya mencetak prestasi membanggakan musim ini setelah memastikan diri lolos ke Liga Europa. Hal itu merupakan prestasi luar biasa karena pertama kalinya bagi Arsenal arahan Arsene Wenger tampil di kompetisi kasta kedua tersebut.

Tentu saja paragraf pembuka tersebut bersifat sindiran sambil nyinyir semata. Maklum, “The Gunners” jadi tim paling konsisten lolos ke Liga Champions. Mereka tak pernah absen masuk Liga Champions selama 21 tahun di bawah Wenger.

Meski menang 3-1 atas Everton, Arsenal tetap berada di peringkat kelima karena Liverpool juga meraih hasil yang sama. Akibatnya, ini pertama kalinya Wenger dkk gagal ke Liga Champions.

Otomatis, Liga Europa atau Piala UEFA dulunya akan jadi pengalaman baru buat Wenger. Bahkan bagi Arsenal, sejak namanya diubah jadi Liga Europa mereka belum sekalipun bermain di kompetisi tersebut. Siapa tahu bisa mencetak prestasi Eropa dari sana.

“Kehilangan posisi di empat besar sangat menyedihkan. Selama 20 tahun kami di dalamnya dan pertama kalinya kami gagal,” kata Wenger yang makin lama makin terlihat keriputnya itu.

Kegagalan ini jelas memancing keributan di dunia maya. Arsenal langsung di-bully habis-habisan tanpa ampun. Semuanya sadis-sadis, namanya juga netizen.

Kendatipun demikian, Wenger tak peduli dengan segala bentuk lawakan di dunia saat ini. Pelatih asal Prancis itu tetap cinta dengan Arsenal. Memang begitulah cinta, deritanya tiada pernah berakhir.

“Saya tetap bangga dengan para pemain. Saya pribadi seorang profesional dan Anda tak bisa membantah kecintaan saya terhadap klub ini,” ujar Wenger dikutip Kompas.

Gosip Wenger untuk segera dipecat juga semakin santer. Pada laga melawan Everton turut terdapat spanduk bernada protes dari para warga. Mereka tak ingin lagi Arsenal dipimpin oleh Wenger.

Wajar saja demikian. Sebab, tim asal kota London yang jauh dari Kebumen itu memang minim prestasi. Selama 21 tahun ada di Arsenal, mulai dari Agnes Monica masih bocah, memerankan Dini di sinetron Pernikahan Dini, sampai sudah mendunia seperti sekarang, Wenger cuma kasih tiga trofi Liga Primer.

Well, selamat menikmati Liga Europa kalau begitu, Wenger. Siapa tahu dapat trofi Eropa pertama dari sana.

Main photo credit: Taiwan News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here