Pelatih ternama dan paling keren di Jerman, Joachim Loew, mengaku gembira bisa meraih 100 kemenangan bersama timnas Jerman. Kemenangan keseratusnya itu diraih saat mengalahkan Kamerun 3-1, kemarin lusa, pas hari lebaran.

Loew sangat bangga atas pencapaiannya itu. Namun, dia tak bekerja sendirian. Pelatih yang akrab disapa “Jogi” tanpa akhiran “-Ng” itu memberikan ucapan terima kasih kepada staf dan kru yang bertugas.

Apalagi, 100 kemenangannya itu sukses menjadikan Loew sebagai pelatih yang paling banyak meraih kemenangan dibanding senior-seniornya. Makanya, pelatih berusia 57 tahun itu layak disebut pelatih paling keren di timnasnya.

“Saya bahagia bisa meraih 100 kemenangan. Sebuah angka yang bagus. Saya angkat topi untuk semua pihak yang bersama saya sejak awal karier. Semua orang mendukung saya saat masa sulit,” tutur pelatih yang hobi garuk-garuk itu.

Adapun 100 kemenangan itu diraih dari hasil 150 laga di semua kompetisi, termasuk laga-laga coba-coba. Dia telah menangani Jerman selama 11 tahun, sebuah periode yang cukup lama untuk ukuran pelatih timnas.

Tapi di Jerman sendiri, pelatih timnas memang rata-rata memiliki periode yang lama menangani “Der Panzer“. Angka 11 tahun belum ada apa-apanya dibanding Sepp Herberger yang menangani Jerman selama enam tahun dan 14 tahun. Mulai dari periode 1936-1942 kemudian dilanjut lagi pada 1950-1964.

Ada juga Helmut Schoen dari 1964-1978, silakan dihitung sendiri berapa tahun itu pelatih melatih Jerman. Jupp Derwall, Franz Beckenbauer, dan Berti Vogts rata-rata melatih selama enam sampai delapan tahunan.

Selama timnas Jerman terbentuk dari 1908, mereka hanya punya 10 pelatih ditambah satu komite yang bertanggung jawab menangani timnasnya. Luar biasa. Makanya wajar kalau Jerman ini timnasnya terbilang jago dan kompak.

“Pemain selalu termotivasi dan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Lihat 10 tahun lalu dan bandingkan situasinya sekarang. Kami benar-benar mengembangkan tim dengan cermat,” katanya Loew lagi.

Jerman kini melangkah ke semifinal Piala Konfederasi. Bakal menjamu Meksiko di laga tersebut. Yang menang sudah dipastikan tim yang mampu mengalahkan lawannya.

Main photo: DFB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here