Pelatih timnas Jerman yang sudah lama melatih, Joachim Loew, membuka pintu seluas-luas dan selebar-lebarnya buat pahlawan kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014, Mario Gotze.

Gotze yang belakangan sudah meredup macam lampu belakang truk Pantura itu mendapat janji dari Loew soal peluangnya balik ke timnas. Tercatat, sudah tiga tahun lamanya pemuda berwajah imut itu tak main bersama “Der Panzer“.

Kiprahnya bersama Bayern Muenchen tak berjalan mulus. Bersama Borussia Dortmund di periode keduanya juga sama saja. Fisik jadi masalahnya.

PSV Eindhoven lalu engambil kesempatan untuk merekrut Gotze dan memberinya kontrak dua tahun pada 6 Oktober, dengan harapan dia bisa menemukan kembali bentuk terbaik yang membuatnya muncul sebagai salah satu gelandang teratas di generasinya.

PSV seolah mendapat berkah atas risiko yang mereka ambil karena mantan bintang Bayern itu telah mencetak tiga gol dalam enam penampilan pertamanya.

Memang begitu, kalau niatnya baik maka hasilnya baik. PSV kasih kesempatan buat Gotze, niatnya baik maka mereka ketiban berkahnya.

Loew yang hobi menggaruk salah satu bagian tubuhnya itu terkesan dengan penampilan Gotze baru-baru ini dan tidak menutup kemungkinan untuk memanggilnya lagi ke kancah internasional jika dia meneruskan performa tersebut.

“Kami tidak melupakan dia, tentu saja. Dia terlihat sangat bugar dan sangat gesit, kegembiraan bisa terlihat dalam dirinya. Dia membutuhkan itu untuk ketangkasannya, untuk variabilitasnya,” kata Loew, dikutip dari Goal.

Loew tidak ketinggalan membicarakan soal beban ekspektasi yang menghambat Gotze selama bertahun-tahun.

“Semuanya selalu terfokus padanya. Dia membawa ‘tas punggung’ yang besar seturut golnya pada 2014, yang pastinya merupakan beban yang berat. Itu sebabnya saya senang dia memulai kiprahnya dengan sangat baik di Eindhoven,” sambungnya lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here